ikut bergabung

Pelindo IV Terus Berbenah Menyongsong Integrasi Pelabuhan


Berita

Pelindo IV Terus Berbenah Menyongsong Integrasi Pelabuhan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Inisiatif Kementerian BUMN dalam meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN khususnya bidang kepelabuhanan dengan program integrasi 4 (empat) BUMN operator pelabuhan memberikan energi dan optimisme baru bagi PT Pelindo IV yang memiliki wilayah di bagian timur Indonesia.

“Potensi dan komoditas wilayah timur Indonesia sangat luar biasa, akan tetapi selama ini terkendala dengan kondisi geografis dan akses pembangunan yang belum terstandarkan. Namun dengan adanya integrasi, seluruh prosedur dan sistem pelayanan akan terstandarisasi sehingga distribusi logistik dari Barat ke Timur akan jauh lebih baik,” terang Dirut PT Pelindo IV, Prasetyadi.

Dia juga menambahkan bahwa terdapat beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berada di wilayah operasional PT Pelindo IV dan saat ini tengah dipacu penyelesaiannya di antaranya Makassar New Port, Pengembangan Pelabuhan Sorong, dan Pengembangan Bitung Internasional Hub Port.

Prasetyadi memaparkan, untuk Makassar New Port (MNP) saat ini phase 1A telah rampung dan telah beroperasi serta menunjukkan kinerja yang terus meningkat. Pada semester I-2021, MNP telah melayani 203 call (kunjungan kapal) dengan 85.913 TEUs atau telah mencapai 75,58% dari Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) tahun ini. Sehingga total keseluruhan sejak beroperasi pada November 2018, MNP telah melayani sebanyak 798 call dengan 315.832 TEUs.

“Dari segi pembangunan, saat ini pengembangan MNP masih berlanjut ke phase 1B dan 1C dengan penambahan dermaga sepanjang 680 meter. Hingga 31 Juli 2021, progress investasi fisik MNP tercatat telah mencapai 78,45%.”

Baca Juga :   PDAM Umumkan Kamis dan Jumat Air Tidak Mengalir

Selain MNP, Pelindo IV juga tengah menggarap PSN lain yaitu pengembangan dan transformasi Pelabuhan Sorong dengan nilai investasi Rp165,98 miliar yang progress fisiknya telah mencapai 25% dengan pekerjaan pembangunan dan perkerasan Container Yard (CY) termasuk kegiatan timbunan, penghamparan material LPB dan pemasangan geotextile. Untuk meningkatkan produktivitas Pelabuhan Sorong, juga telah dilakukan penambahan alat yaitu 2 unit Container Crane (CC) dan 2 unit RTG (Rubber Tyred Gantry) Crane.

Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan Bitung International Hub Port, di mana konstruksinya 100% telah rampung dan sudah dioperasikan. Selanjutnya pengembangan Pelabuhan Hub Internasional Bitung secara bertahap, untuk lapangan penumpukan dan dermaga peti kemas, dan proses penyelesaian Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Bitung.

dibaca : 37

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top