ikut bergabung

Pramuka Gowa Nyalakan 10 Obor Saat Malam Ulang Janji


OBOR. Penyalaan 10 obor pada malam renungan ulang janji pramuka. (foto/ist)

Sulsel

Pramuka Gowa Nyalakan 10 Obor Saat Malam Ulang Janji

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap pramuka di Gowa terus mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma yang menjadi pandu dalam kepramukaan.

Harapan ini disampaikan Adnan yang juga Bupati Gowa saat menjadi pembina upacara renungan dan ulang janji dalam rangka Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 di halaman rumah jabatan Bupati Gowa, Jumat (13/8/2021) malam.

Adnan mengatakan kegiatan ulang janji ini adalah bentuk renungan mengenang perjuangan pramuka sekaligus memperbaharui kembali ingatan dan tekad anggota pramuka dalam mengamalkan Tri Satya yang merupakan janji seorang pramuka dan Dasa Dharma sebagai kebulatan moralitas pramuka dalam menjalankan amanah sebagai pembina generasi muda.

” Makanya saya mengajak seluruh pramuka Gowa untuk terus membulatkan tekad mengobarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi tercapainya tujuan bangsa yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, ” jelas Adnan.

Adnan juga menegaskan, melalui pramuka adalah pembentukan karakter yang sesungguhnya yang dibutuhkan oleh daerah dan dibutuhkan oleh negeri ini, sehingga mampu membawa daerah dan bangsa ini yang lebih baik di masa yang akan datang.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa Syahrir Rajab juga mengatakan upacara ulang janji ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahun. Upacara ulang janji ini dilaksanakan serentak di semua jenjang pramuka.

Baca Juga :   Wabup Asman dan Baznas Enrekang Letakkan Batu Pertama Rumah Tahfidz Sabilul Haq

” Jadi ini semacam budaya di pramuka di seluruh jenjang mulai tingkat nasional, daerah dan kabupaten/kota dimana dilakukan pada malam hari jelang HUT pramuka. Seluruh Kwartir Ranting juga melakukan hal yang sama,” jelas Syahrir Rajab.

Syahrir Rajab menjelaskan pada upacara ini dilakukan prosesi menyalakan sebanyak 10 obor sesuai dengan jumlah Dasa Dharma. 10 obor ini melambangkan 10 Dasa Dharma yang merupakan kebulatan moralitas pramuka dalam membina diri dan membina generasi bangsa.

” Harapan kita kedepan, gerakan pramuka akan semakin banyak memberikan andil bagi bangsa dan negara terutama bagi pendidikan karakter bagi anak didik, anak muda bangsa Indonesia,” jelas Syahrir Rajab.-

dibaca : 45



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top