YOKOHAMA–Brasil meraih medali emas cabang sepabola di Olimpiade Tokyo 2020. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8/2021) malam WIB, tim Samba menang dengan skor 2-1.

Dua gol Brasil diciptakan Matheus Cunha di masa injury time babak pertama dan Malcom pada menit ke-109. Sedangkan gol Spanyol dicetak Mikel Oyarzabal pada menit ke-61. Pertandingan berlanjut dengan extra time karena di babak normal kedua kesebelasan bermain imbang 1-1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kedua kesebelasan bermain menyerang sejak awal pertandingan. Spanyol nyaris mencetak gol di menit ke-15 ketika Diego Carlos nyaris menceploskan bola ke gawang sendiri. Peluang emas Brasil datang di menit 38. Sayang eksekusi penalti Richarlison gagal membuahkan gol.

Brasil baru sukses membuka skor di menit injury time babak pertama lewat sepakan Matheus Cunha. Tapi Spanyol juga sukses menyamakan skor di menit ke-61 melalui kaki Mikel Oyarzabal di menit awal babak kedua.

Kedua tim berupaya menambah gol di sisa waktu yang ada. Namun, skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir. Laga berlanjut di babak tambahan.

Brasil akhirnya mencetak gol kedua sekaligus gol kemenangan di menit ke-109. Malcom menerima bola umpan lambung Antony di sisi kiri, sebelum membawa bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol. Skor tidak berubah hingga pertandingan usai.

Hasil ini menempatkan tim Samba keluar sebagai pemenang dan meraih medali emas sepakbola putra di Olimpiade Tokyo 2020. Itu berarti Brasil mempertahankan medali emas yang juga diraihnya pada Olimpiade 2016 lalu.

Susunan Pemain

Brasil: Aderbar Santos; Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana; Douglas Luiz, Bruno Guimaraes; Antony (Gabriel Menino 112′), Matheus Cunha (Malcom 91′), Claudinho (Reiner 106′); Richarlison (Paulinho 114′).

Spanyol: Unai Simon; Marc Cucurella (Juan Miranda 91′), Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil (Jesus Vallejo 91′); Martin Zubimendi (Jon Moncayola 112′); Pedri, Mikel Merino (Carlos Soler 46′); Daniel Olmo, Mikel Oyarzabal (Rafa Mir 104′), Marco Asensio (Bryan Gil 46′).