ikut bergabung

Sekda Palopo Hadiri FGD Pengelolaan Zakat Satu Satu Data


Sulsel

Sekda Palopo Hadiri FGD Pengelolaan Zakat Satu Satu Data

PALOPO, UJUNGJARI.COM–Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs Firmanza DP, SH,MSi menghadiri Kelola Zakat Satu Data (Lazada) Focus Group Discussion (FGD) “Satu Data” Pengelolaan Zakat di Kota Palopo. FGD berlangsung di Aula Bappeda Kantor Walikota Palopo, Jumat 06 Agustus 2021.

Firmanza pada kesempatan itu menyampaikan FGD yang dilaksanakan kesempatan ini artinya merupakan wadah saling bertukar pikiran, bertukar pendapat dengan cara yang baik. Apalagi yang dibahas adalah mmasalah umat terkait pengelolaan zakat.

“Mengapa pengelolaan zakat ini sangat penting karena ini mencakup dua hal. Yang pertama itu kita menjaga amanah dan kedua adalah bagaimana masyarakat merasakan manfaatnya,” katanya.

Sekda menambahkan forum ini akan membicarakan hal tersebut dengan mencari solusi agar lebih baik lagi ke depan karena pada intinya di sini adalah bagaimana kita menjalankan amanah ini dengan baik.

“Nantinya pasti akan kita pertanggungjawabkan sekecil apapun itu. Makanya kita akan meminta masukan sehingga pengelolaan zakat ini menjdi satu data,” katanya lagi.

Sekda juga menegaskan bahwa Pemkot tidak terlalu mencampuri pengelolaan zakat tapi ini hanya melakukan pendataan. Menurut dia sama sekali tidak ada campur tangan pemerintah untuk mengurusi terlalu dalam karena pemerintahan yang baik itu sifatnya hanya mengatur.

Ia berharap satu data ini juga perlu kita laporkan ke pemerintah pusat. Eksistensi sebuah pemerintahan, kata dia adalah bagaimana bisa mensejahterakan masyarakatnya dari tahun ke tahun.

Baca Juga :   Lantik 48 Kepala UPT Baru, MB Ingatkan Jangan Setengah Hati Dalam Bekerja

Penduduk miskin Palopo masih berada pada angka 7,85% berdasarkan hitungan pada tahun 2020.

Menurut dia kondisi pandemi sekarang ini memungkinkan akan bertambahnya penduduk miskin karena adanya pembatasan bepergian jika tidak terlalu penting sehingga perputaran ekonomi menjadi tidak baik.

Sementara itu, Plt. Asisten I Setda Kota Palopo Andi Bakhtiar, MSi, menyampaikan semua pihak dituntut untuk tertib administrasi agar sinkronisasi data agar masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya.

“Mari kita mendukung dan mengikuti kegiatan ini agar apa yang dihasilkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kota Palopo,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Baznas Kota Palopo Drs H Muchtar Basir, MM, Kabag Kesra setda kota Palopo Darni, S. Hut., MP serta undangan lainnya.

dibaca : 40



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top