ikut bergabung

Pemkab Barru-KPU Teken MoU Pembentukan DP3


Sulsel

Pemkab Barru-KPU Teken MoU Pembentukan DP3

BARRU, UJUNGJARI.COM — Bupati Barru Suardi Saleh melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di ruang kerja Bupati, Kamis (5/8).

Kesepakatan bersama ini adalah sebagai pedoman dalam melaksanakan pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dalam memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan Pemilihan yang merupakan program kerja KPU kabupaten Barru.

Bupati Barru Suardi Saleh, penandatanganan kerja sama ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih di kabupaten Barru dalam menghadapi pemilu 2024.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum 2020, ada dua desa yang tingkat partisipasipasinya hanya 57% yaitu desa Libureng dengan desa Jangan-Jangan.

Tingkat partisipasi pemilih memang tidak merata di kabupaten Barru, karena disebabkan beberapa faktor. Hal inilah yang akan dicari solusinya.

“Kalau perlu ada pola lain yang diterapkan untuk seluruh kabupaten Barru sehingga tingkat partisipasi pemilih akan lebih baik dari pemilu sebelumnya,” ujar Suardi.

Bupati Barru sangat mendukung kegiatan desa peduli pemilu dan pemilihan. Ia juga menyampaikan bahwa desa yang rendah partisipasi pemilihnya harus berupaya untuk meningkatkan partisipasinya dalam pemilu dan pemilihan yang akan datang.

“Selain itu kami mengharapkan kerjasama para camat, lurah/desa dan seluruh perangkat pemerintah dalam membantu KPU mensosialisasikan pemilu khususnya pemilu yang akan datang pada 2024,” harap Suardi.

Baca Juga :   Kadis Kominfo Bagi THR dari Tukin Pribadinya

Sementara itu Ketua KPU kabupaten Barru, Syarifuddin H. Ukkas, menyampaikan, meskipun program pemuktahiran data yang berkelanjutan tetap dilaksanakan sebagai program KPU namun sebagai bentuk evaluasi dari pemilu sebelumnya kami membentuk kader sebagai ujung tombak mensosialisasikan yang mulai tahun ini  hingga menjelang pemilu 2024 khusus di desa Jangan-Jangan dan Libureng.

Acara ini juga ikut.dihadiri Sekda Barru, kadis PMD, PPKB, PPPA, kadis Dukcapil, kepala Badan Kesbang Pol, camat Pujananting, camat Tanete Riaja, kepala desa Jangan-jangan, kepala desa Libureng, ketua KPU, seluruh komisioner KPU, kasubag hukum dan staf teknis. (Udi)

dibaca : 48



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top