ikut bergabung

Lagi Gowa Raih Penghargaan KLA Tahun Ketiga


VIRTUAL. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi Kadis PPPA Gowa Kawaidah Alham saat virtual penyerahan penghargaan Gowa sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2021.(foto/ist)

Sulsel

Lagi Gowa Raih Penghargaan KLA Tahun Ketiga

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kembali Kabupaten Gowa meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPA RI). Penghargaan KLA ini adalah penghargaan untuk ketiga kalinya dan merupakan tahun ketiga sejak Gowa ikut dalam program tersebut.

Penyerahan penghargaan sebagai KLA ini diterima Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melalui seremoni virtual dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada Kamis (29/7/2021) lalu.

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, penghargaan KLA ini diberikan kepada daerah kabupaten/kota yang memiliki komitmen yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak. Apalagi menurutnya ini merupakan amanat dari konstitusi UUD RI.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyebutkan bahwa anak memiliki empat hak dasar yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk dapatkan perlindungan serta hak partisipasi.

” KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” kata Menteri PPPA .

Sementara itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melalui monitor zoom di Peace Room A’Kio kantor Pemkab Gowa mengatakan bahwa sejauh ini Pemerintah Kabupaten Gowa terus memberikan perhatian khusus kepada anak dalam rangka pemenuhan hak-hak anak.

Baca Juga :   Muliady Mallehangan Nahkodai Desa Gunturu 

Adnan menyebutkan salah satu yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa adalah menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) anak. Musrenbang anak ini untuk menyerap aspirasi anak-anak yang ada di Kabupaten Gowa.

“Jadi Musrenbang anak bagaimana kita mendengar kebutuhan anak-anak yang ada di desa. Musrenbang sama seperti Musrenbang biasa hanya yang hadir disini adalah anak-anak. Dengan adanya musrenbang pemerintah setempat bisa mengetahui kebutuhan khusus anak yang ada di desa,” jelas Adnan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gowa Kawaidah Alham juga menambahkan selain Musrenbang Anak program lain Pemkab Gowa yang berpihak kepada anak-anak adalah forum anak.

” Forum anak bekerjasama dengan Bappeda. kemudian di forum anak itu ada beberapa apa program kerja yang mereka sendiri membuat untuk bagaimana anak-anak yang ada di Kabupaten Gowa itu mempunyai kreativitas tinggi anak,” kata Kawaidah.

dibaca : 49

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top