ikut bergabung

Pansus RPJMD Raker dengan PTSP Bahas Izin Alfamart


Sulsel

Pansus RPJMD Raker dengan PTSP Bahas Izin Alfamart

 

MAKALE, UJUNGJARI–, Pansus RPJMD 2021-2026 DPRD Tana Toraja, diketuai DR Kristian H.P.Lambe, Kamis (22/7) kemarin rapat kerja (Raker) dengan OPD Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Raker membahas terbitnya ijin 4 alfamart tahun 2020 lalu masa pemerintahan Nico-Victor (Nivi), dihadiri Kadis PTSP Yurinus Tangkelangi, dan Sekda DR Semuel Tande Bura.

Sekda Semuel jelaskan, sebelum beroperasi 4 alfamart, pemerintah daerah telah menerima 7 permohonan operasional alfamart serupa. Namun sedikit aneh baru rekomendasi keluar alfamart sudah langsung beroperasi.

Sementara tiga ijin alfamart ditunda sambil melihat perkembangan, apakah memungkinkan dikeluarkan ijin baru atau tidak.

Diakui Semuel, dari tiga ijin alfamart tertunda dua diantaranya milik warga Toraja. Permohonan ijin di Saluputti dari Pdt Daniel Palimbongan, sedangkang ijin di Bittuang dari Ibu Misa Layuk.

Ditambahkan Kadis PTSP Yurinus, hadirnya 4 alfamart di kota Makale sudah pasti kontribusinya ke PAD ada dari iklan, demikian pula CSA bagi masyarakat.

Meski demikian, serapan tenaga kerja lokal tentu menjadi pertimbangan utama setelah melalui seleksi dan pelatihan dari pihak management. Dan rencana hadirnya alfamart di Mengkek sudah  dibatalkan dari pemilik tanah, singkat Yurinus.

Senada dengan anggota Pansus Yariana Somalinggi, kehadiran alfamart di Tana Toraja perlu kajian matang, sebab tidak menutup kemungkinan pengusaha kecil lokal tidak lagi berdaya bersaing dengan alfamart.

Diakui Yariana, pengusaha kecil selama ini sangat membantu biaya pendidikan, sehingga tidak boleh alfamart jadi ancaman bagi usaha kecil.  (agus)

Baca Juga :   Hamzah Pangki Jamin Kesejahteraan Masyarakat Dibidang Pertanian dan Kesehatan

dibaca : 28



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top