ikut bergabung

Berendam di Laut, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan


Kesehatan

Berendam di Laut, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM– Air laut memiliki komposisi kelarutan mineral dan ion yang mirip dengan komposisi plasma darah manusia. Mandi atau berendam di air laut ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Rata-rata, air laut memiliki 3,5 persen garam (natrium klorida). Dengan kata lain, untuk satu liter air, mengandung 35 gram garam juga sebagian kecil dari magnesium, sulfat dan kalsium.

Dokter Wachyudi Muchsin mengatakan kandungan air laut kaya akan mineral esensial yang berguna bagi berbagai proses metabolik dan fungsi kerja sel dalam tubuh. Mineral esensial air laut itu adalah sebagai berikut:

1. Magnesium
2. Potasium/Kalium
3. Kalsium sulfat
4. Zat Besi
5. Boron
6. Selenium
7. Zinc

Zat-zat mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itulah kenapa air laut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Air Laut

1. Magnesium
Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena magnesium ini digunakan sebagai katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. hampir 50% magnesium disimpan dalam tulang kita, bagian lainnya ada di sel- sel jaringan tubuh dan organ lainnya. Hanya sekitar 1 % saja ada dalam darah.

2. Potasium
Potasium atau kalium adalah mineral terbanyak ketiga dalam tubuh. Mineral ini punya peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita juga sangat berperan dalam proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah dan imunitas atau menjaga sistem kekebalan tubuh. kekurangan potasium berakibat fatal bagi kesehatan.

Baca Juga :   Ketua Perkemi Makassar Semangati Kenshi Pemenang Porkot Makassar

3. Kalsium Sulfat
Kalsium sulfat merupakan garam yang ada di air laut dan di lingkungan alam yang lain. Zat ini adalah senyawa kalsium, sulfur dan oksigen, memiliki rumus kimia CaSO4; ini dikenal sebagai anhidrat – bebas air.

Kkalsium sulfat atau anhidrit mineral berguna untuk metabolisme tubuh, penghubung antarsaraf dan juga membantu proses kerja kontraksi otot polos termasuk jantung dan organ dalam juga otot rangka.

4. Zat Besi
Zat Besi adalah zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari, termasuk melaksanakan fungsi dasar tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan. Juga digunakan untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh.

5. Boron
Boron digunakan untuk membangun tulang yang kuat, mengobati osteoarthritis, sebagai bantuan untuk membangun otot dan meningkatkan tingkat testosteron, dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan koordinasi otot.

dibaca : 114

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Kesehatan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top