ikut bergabung

Digital Marketing Cara Efektif Pemasaran Produk Usaha Wisata


VIRTUAL. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Andi Tenriwati Tahri saat virtual pembukaan pelatihan digitalisasi branding, penjualan dan pemasaran.(foto/ist)

Sulsel

Digital Marketing Cara Efektif Pemasaran Produk Usaha Wisata

GOWA, UJUNGJARI.COM — Saat ini pelaku usaha di Kabupaten Gowa dituntut untuk memasarkan produk-produknya dengan kreatif agar masyarakat umum bisa tertarik. Salah satu harapan pemerintah Kabupaten Gowa adalah menggunakan pola digital marketing.

Hal ini diarahkan agar para pelaku usaha tidak pendek akal dalam menghidupkan usahanya di saat pandemi maupun setelah pandemi menghilang nanti. Pola ini oleh pemerintah dianggap lebih efektif dalam mendekati konsumen.

Penjualan melalui digital marketing justru lebih tepat sebab saat ini seluruh masyarakat telah menggunakan gadget ataupun gawai (android) dalam aktivitas sehari-hari.

Arahan ini disampaikan Bupati Gowa diwakili Kepala Bappeda Gowa Taufik Mursad saat membuka pelatihan digitalisasi branding, penjualan dan pemasaran secara virtual, Sabtu (10/7/2021).

Kegiatan pelatihan yang bertema ‘Membangun Identitas Merk/Brand di Dunia Digital’ dikatakan Taufik adalah hal tepat dilakukan di era sekarang.

” Saat ini pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan membangun dan mendesain brand secara online dengan platform digital, apalagi di era komunikasi online digital, branding menjadi salah satu cara rasional untuk menyampaikan nilai produk dan membangun koneksi pemasaran,” kata dia.

Dijelaskan, sejalan dengan tujuan utama dari digital marketing untuk usaha pariwisata sama dengan mendukung industri 4.0.

” Kita bisa melihat bahwa menciptakan dan menerapkan pemasaran berbasis digital atau digital marketing untuk suatu usaha, sama halnya kita revolusi industri ke-4. Itulah sebabnya mengapa digital marketing penting dalam memberikan arah dan tujuan jelas dalam penyampaian usaha kita,” tambahnya.

Baca Juga :   Perindag Torut Gandeng Agen PT Sinar Ratte Operaai Pasar Gas Elpiji

Salah satu upaya menjawab tantangan global pada sektor kepariwisataan yaitu pengembangan sumber daya manusia yang ditekankan pada penguasaan kompetensi. Misalnya terfokus pada suatu bidang tertentu yang pada akhirnya meningkatkan daya saing di Kabupaten Gowa khususnya penggunaan digitalisasi dalam pemasaran usaha pariwisata.

” Untuk mewujudkan hal tersebut perlu strategi pemasaran sebagai faktor kunci melalui peningkatan mutu sumber daya manusia melalui pembinaan dengan menggunakan penyuluhan, dan pelatihan pendidikan, bagi para pelaku usaha kepariwisataan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kepariwisataan itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Andi Tenriwati Tahri mengatakan pelatihan digital marketing yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 40 orang pelaku usaha.

dibaca : 65

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top