GOWA, UJUNGJARI.COM — Vaksinasi massal yang dilakukan di kompleks elit Citraland Celebes, Jl Tun Abdul Razak, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (2/7/2021) berjalan lancar.

Vaksinasi yang dilakukan terbuka dan secara drive thru antusias diikuti masyarakat dari berbagai penjuru kota baik dalam Gowa maupun masyarakat Makassar yang melintas dan mampir untuk vaksin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selama dua hari, vaksinasi covid19 yang dilaksanakan oleh Indonesia Marketing Association (IMA) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bahkan melebihi dari target yang telah ditentukan. Dalam kegiatan kemanusiaan yang dilakukan IMA, Ciputra, Pemkab Gowa ini menargetkan 1.000 dosis untuk 1.000 jiwa, namun kenyataannya, peserta yang ikut vaksin mencapai 2.045 jiwa mulai hari pertama, Kamis (1/7/2021) hingga Jumat (2/7/2021) sore tadi.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun dibuat salut. Saat Adnan memantau pelaksanaan vaksinasi massal sekitar pukul 16.00 Wita itu, para warga masih terus berdatangan. Masyarakat betul-betul memanfaatkan vaksinasi sinovac gratis ini.

” Hasil dari vaksinasi ini melampaui target panitia. Targetnya hanya 1.000 namun selama dua hari dilakukan justru melampaui target. Ini justru bagus dan sangat membantu pemerintah dalam merampungkan kegiatan vaksinasi ini,” kata Adnan didampingi Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin dan jubir Satuan Gugus Covid19 Gowa dr Gaffar yang juga adalah Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Gowa serta Kabid Yankes Dinkes Gowa dr Alamsyah.

Kegiatan vaksinasi covid19 ini kata Adnan merupakan kontribusi Kabupaten Gowa dan sekaligus untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI tentang pencanangan satu juta masyarakat divaksin setiap hari.

” Pemkab Gowa akan terus melakukan vaksinasi terhadap masyarakat guna membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Untuk membaca kekebalan kelompok, maka 70 persen dari jumlah masyarakat harus sudah divaksin. Alhamdulillah kita mendapatkan banyak stok vaksin dan setelah ini kita mendapatkan kembali stok 6.000 dosis vaksin. Sehingga vaksin massal seperti ini akan terus kita lakukan untuk mempercepat makin banyak masyarakat yang sudah divaksin,” kata Adnan menyapa para warga yang antri sreening dan disuntik.

Bupati Gowa pun mengajak masyarakat untuk ikut mensukseskan program vaksinasi ini.

” Kedepan kita akan sering-sering melakukan vaksinasi. Kita berharap sampai dengan Desember 2021 ini sudah lebih dari 50 persen masyarakat Gowa yang sudah divaksin. Dan untuk yang datang vaksin kemarin dan hari ini, saya ucapkan terimakasih,” ucap Adnan.

Salah seorang peserta vaksin bernama Mulyadi mengaku senang lantaran bisa terlayani melalui program drive thru vaksinasi ini. Apalagi dia melihat petugas vaksinasi yang berasal dari tim medis Puskesmas Somba Opu dan Dinas Kesehatan serta tim vaksinator RSUD Syekh Yusif cekatan dan sigap melayani baik yang antri secara perorangan maupun yang berada di dalam kendaraannya (mobil).
Mereka yang menggunakan kendaraan turut mengikuti tahapan vaksinasi tanpa harus turun dari kendaraannya. Bahkan divaksin pun didalam mobilnya.

” Vaksinasi ini tentu akan membantu kami masyarakat agar terlindung dari penularan covid19. Ini sangat bagus karena lebih cepat, tidak lama mengantri dan tidak perlu turun dari kendaraan. Semoga dengan adanya vaksinasi ini kita lebih terjaga dari covid19,” kata Mulyadi.

Terpisah Jubir Satuan Gugus Covid19 Gowa dr Gaffar menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan IMA, Pemkab Gowa serta Ciputra ini cukup memberikan dampak positif. Terbukti sejak mulai dibuka pagi selama dua hari berjalan, animo masyarakat untuk divaksin cukup tinggi.

” Hari pertama kita vaksin sebanyak 628 orang dan hari kedua ini kita capai lebih 1.700 orang sehingga total selama dua hari vaksinasi mencapai lebih 2.000 orang, ” terang dr Gaffar.

Untuk drive thru tambah dr Gaffar, dilakukan tim vaksinator dengan rapi dan lancar. Pihaknya melakukan sesuai tahapan, jadi warga berkendaraan dilayani di atas mobil, discreening di atas mobil dan divaksin juga di atas mobil, observasi juga di atas mobil.

” Kami berharap ke depan masyarakat semakin sadar pentingnya memiliki kekebalan tubuh dengan cara vaksinasi tersebut. Untuk pelayanan publik seluruh Kabupaten Gowa sudah sebanyak 31.000 orang dan tambah hasil vaksinasi hari ini di Citraland sudah 32.000 orang. Kalau untuk pelayanan publik kita sudah sentuh 45 persen tapi kalau untuk secara keseluruhan capaian kita masih rendah. Makanya kita terus pacu vaksinasi ini ke masyarakat, ” kata dr Gaffar.

Di tempat yang sama, Ilham, project manager Citra Garden yang juga sebagai wakil ketua pelaksana vaksinasi ini mengatakan, vaksinasi drive thru ini adalah baru pertama kali dilakukan dan itu baru di Gowa.

” Kita buat ini tujuannya supaya orang yang datang seperti lansia tidak mesti turun dari kendaraannya bisa dapat fasilitas vaksin. Untuk vaksinasi kedua kita akan lakukan 28 hati dari sekarang dan tidak menutup kemungkinan jika nantinya ada lagi permintaan maka kita dari Citraland, Citra Grand dan Citra Garden akan mensupport pemerintah untuk kegiatan vaksin ini, ” papar Ilham.-