ikut bergabung

Theofilus Harap Siklus Ekonomi Daerah Segera Bangkit


Sulsel

Theofilus Harap Siklus Ekonomi Daerah Segera Bangkit

MAKALE, UJUNGJARI–Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Rabu (30/6), mnanggapi pandangan umum enam fraksi DPRD Tana Toraja pada sidang paripurna dewan dipimpin ketua DPRD Welem Sambolangi, didampingi Wakil Ketua Yohanis Lintin Paembongan.

Sebelum jawaban Bupati Theofilus, enam fraksi Demokrat, Hanura, PDIP, Nasdem, Golkar, dan Griya silih berganti menyampaikan pandangan umum terhadap rancangan RPJMD periode 2021-2026.

Theofilus menjelaskan, RPJMD merangkum visi-misi pemerintah daerah “Tana Toraja Bangkit, Produktif, dan Tangguh Menyongsong Tatanan Kehidupan Baru” menjadi produktif jika semua segmen bergerak berbagai langkah strategis.

Tekad Pemda Tana Toraja sudah komitmen mewujudkan program strategis sehingga manfaatnya menjadi saluran berkat kepada masyarakat.

Menjawab kebutuhan masyarakat ditengah ekonomi terpuruk lantaran pandemi Covid-19, melalui RPJMD Kta berharap siklus ekonomi daerah bangkit dan produktif, baik aspek sosial maupun budaya.

Pasalnya esensi dari RPJMD membuka ruang perubahan dinamika perkembangan baik eksternal maupun lokal pelaksanaan pembangunan dan pedesaan.

Karena itu pilihan utamakan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infra struktur jalan, termasuk ke pelosok Simbuang-Mappak anggarannya sudah diambil Provinsi.

Kata Theo, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Perangkat Daerah, program kewilayahan yang disertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Baca Juga :   Satlantas Polres Gowa Bagi-bagi Masker Untuk Pemohon SIM

RPJMD juga memberikan arah kebijakan pembangunan jangka menengah Kabupaten Tana Toraja lima tahun kedepan yang holistik, tematik, integratif, dan berbasis spasial, utamanya mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten.

Theofilus Allorerung meminta masyarakat untuk memberikan masukan demi kesempurnaan RPJMD tetapi masukan yang benar-benar bisa kita laksanakan, jangan hanya sekedar masukan tetapi tidak bisa dilaksanakan (agus).

dibaca : 27



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top