ikut bergabung

Tim CDC Puji Pemda Soppeng Tangani Covid-19


Sulsel

Tim CDC Puji Pemda Soppeng Tangani Covid-19

SOPPENG, UJUNGJARI.COM — Tim Central of Disease Control (CDC) bersama Lembaga Biomolekuler Eijkman Jakarta dan Univesitas Hasanuddin, melakukan kunjungan ke Kabupaten Soppeng, Kamis (3/6/2021).

Rombongan yang dipimpin Prof Din Syafruddin dari lembaga Eijkman Jakarta, diikuti beberapa orang lainnya diantaranya adalah William Hawley (CDC Country Director for Indonesia), Khin Saw Myint dan Ungke Anto Jaya, Mbiomed (Lembaga Eijkman).

Selain itu, ada Frilasita Aisyah Yudhaputri, Mbiomed, Siti Ganefa (Kasubdit Zoonosis – P2P Kemenkes) Romadona Zainal Khairudin, Dr. Irfan Idris (Wakil Dekan Kedokteran Unhas),
Dr. Faturrahman dan Dr. Isra Wahid dari Unhas.

Kedatangan tim CDC disambut baik oleh Bupati Soppeng Kaswadi razak di Labkesda Soppeng. Turut mendampingi Bupati, Kadis Kesehatan bersama jajarannya.

Setelah melihat beberapa fasilitas yang ada di Labkesda, tim CDC menuju ke rumah sakit Latemmamala.

Pada kesempatan ini, Prof Din Syafruddin menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan kerjanya.

“Tujuan kami datang ke sini untuk melihat aktivitas penanganan Covid-19 di Soppeng, dimana kami memiliki kegiatan di Makassar yaitu untuk menangani kasus demam yang tidak diketahui penyebabnya, sehingga kedatangan kami juga ingin melihat bagaimana prosedur penanganan Covid diselenggarakan di Soppeng ini,” kata Din Syafruddin.

“Setelah melakukan peninjauan beberapa fasilitas, kami sangat terkesan bahwa Soppeng ini ternyata memiliki fasilitas kelas 1 untuk penanganan Covid 19. Dimana hal ini sangat jarang di Indonesia, tingkat Kabupaten yang mempunyai penanganan Covid yang terbagus di kabupaten Soppeng. Kunjungan ini juga sebagai bagian dari kerjasama antara lembaga Eijkman dan Universitas Hasanuddin,” pungkasnya.

Baca Juga :   Bantu Cegah Covid-19, Dua Anak TK di Barru Serahkan Celengan

Din Syafruddin menjelaskan bahwa, kami ingin mengajak Pemkab Soppeng untuk berpartisipasi mengembangkan kemampuan laboratorium yang sudah dimiliki sekarang.

Bukan hanya menangani covid, tapi juga menangani kasus-kasus lainnya. Sehingga kita ingin mempersiapkan kemampuan teman-teman baik dari tenaga Epidemiologi maupun tenaga laboratorium di kabupaten Soppeng untuk menangani kasus selain Covid-19 serta kemungkinan munculnya penyakit baru.

“Saya kagum dan terkesan bahwa Bupati Soppeng aktif dan berperan secara langsung menangani kasus covid dan membina staf serta menyediakan fasilitas laboratorium. Dimana diawal pandemi, Soppeng termasuk salah satu daerah yang dari awal siap menangani kasus ini, dan laboratorium Soppeng merupakan laboratorium ke 105 di tingkat nasional,” kata dia.

dibaca : 48

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top