ikut bergabung

Haidar Madjid Ajak Masyarakat Merawat Lingkungan


Politik

Haidar Madjid Ajak Masyarakat Merawat Lingkungan

Secara umum, Nirwan menjelaskan sejumlah dampak sampah plastik di laut, seperti mengganggu biota laut sehingga menyebabkan banyak kematian.

Sampah plastik juga mengganggu jalur transportasi laut, di mana banyak ditemukan keberadaan sampah yang sangat padat di jalur kapal-kapal dan perahu nelayan. Dampak lainnya adalah matinya ekosistem terumbu karang dan lamun.

Sementara itu, Ahli Kebijakan Publik Andi Ahmad Yani mengatakan rancangan perda tentang pengendalian sampah regional harus memperjelas ranah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Dimana, ranah provinsi ada dua, yakni komposisi wilayah pengelolaan dan pengawasan yaitu mendorong masyarakat mengurangi produksi sampah.

“Saya melihat ranperda ini tidak ada yang membahas pembatasan sampah atau hanya outputnya saja. Harusnya ada upaya pencegahan dengan menimbulkan kesadaran masyarakat untuk setidaknya menekan produksi sampah,” katanya.

“Intinya, terpenting di sini adalah pencegahan. Perlu ada reward dan punishment kepada masyarakat maupun perusahaan dalam penegakan aturan kedepan,” pungkasnya.  (**)

Baca Juga :   Beredar Sarung Bertuliskan Kacamatayya, Ini Penjelasan Hilmiaty Asip

dibaca : 57

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top