ikut bergabung

Ibu Tiga Anak Bertahun-tahun Sakit Kini Ditangani Pemerintah Kecamatan Pattallasang


RAWAT. Cici Dg Bulang kini dirawat intensif di PKM Pattallassang. (foto/ist)

Sulsel

Ibu Tiga Anak Bertahun-tahun Sakit Kini Ditangani Pemerintah Kecamatan Pattallasang

GOWA, UJUNGJARI. COM– Seorang ibu tiga anak bernama Cici Dg Bulang berusia sekira 26 tahun terpaksa ditangani intensif pihak PKM Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, sejak Jumat (14/5/2021) pukul 21.00 Wita.

Cici Dg Bulang yang sudah sakit bertahun-tahun ini dibawa oleh organisasi pemuda peduli Sosial Adventure Gowa (SAG) setelah difasilitasi Pemerintah Desa Pallantikang.

Ibu tiga anak yang merupakan warga Kabupaten Takalar ini, kini dalam perawatan pihak medis. Berdasarkan diagnosa awal seperti dikatakan Kepala UGD/Rawat Inap dan Koordinator Tim Emergensi PKM Pattallassang H Rusli Husain, Cici mengalami sakit multi kompleks.

” Kalau diagnosa resminya, pastinya belum ada karena belum diperiksa laborarium. Tapi dari diagnosa awal kami simpulkan bahwa ibu itu vuman grhala yang nampak dan berdasarkan keluhannya dimana ada batuk dan sesak, nyeri perut bagian atas dan bawah (colik abdomen dan gastritis). Tidak ada nafsu makan, kelihatan pucat karena kekurangan darah dan cairan. Kulitnya juga mengkerut semua dan sudah tidak bisa berkomunikasi. Jadi sakitnya ini multi kompleks. Kami dari tim emergensi puskesmas sudah merawatnya dan kami berkonsentrasi memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan elektroliknya supaya kondisinya berangsur membaik dulu. Setelah tahap ini, baru kita lakukan intervensi medis lainnya, ” kata Rusli Husain saat dikonfirmasi, Sabtu (15/5/2021) pagi tadi.

Baca Juga :   Nunggak Pembayaran Air, PDAM Segel Meteran Dua Rumdis Kejari Takalar

Dikatakan Rusli Husain, pasca diberikan perbaikan nutrisi dan cairan, kini kondisi Cici Dg Bulang anak dari Dg Ratang, warga Pallantikang ini berangsur membaik. Bahkan sejak sakit tidak pernah berkomunikasi, kini perempuan yang dikenal sangat cantik disaat masih gadis ini, sudah mau bicara.

” Terkait mulai membaiknya kondisi pasien kami telah laporkan ke Camat Pattallassang dan Kapospol Pattallassang serta Pemerintah Desa Pallantikang, ” jelas Rusli Husain.

Sebelumnya Kades Pallantikang Usman Lira mengatakan pasien sebenarnya sudah lama sakit dan menetap di Takalar. Hanya saja, karena pihak suami dan keluarganya tidak lagi merawat Cici Dg Bulang ini sehingga pihak keluarganya pun menjemput dan dibawa ke Pattallassang.

Bertahun-tahun Cici Dg Bulang yang kondisi tubuhnya sangat kurus dan fisiknya dominan tulang itu akhirnya dirawat keluarganya sendiri di Bilaya, Desa Pallantikang.

” Karena kondisinya makin parah sehingga kami pemerintah desa memfasilitasi perawatan warga ini ke PKM Pattallassang dikawal OKP SAG. Sehingga kini ibu tersebut dalam penanganan medis PKM Pattallassang, ” kata Kades Pallantikang Usman Lira bersama Ketua Sosial Adventure Gowa ( SAG) Pallantikang Muh Rusli.-

dibaca : 69



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top