ikut bergabung

JRM Reses di Mappak-Simbuang, Warga Desak Perbaikan Jalan, Pendidikan dan Layanan Kesehatan


Sulsel

JRM Reses di Mappak-Simbuang, Warga Desak Perbaikan Jalan, Pendidikan dan Layanan Kesehatan

MAKALE, UJUNGJARI.COM — Anggota DPRD Provinsi Sulsel Jhon Rende Mangontan (JRM) melakukan reses masa sidang III Tahun 2020-2021 di Kecamatan Mappak dan Simbuang.

Reses di dua kecamatan terpencil wilayah Toraja Barat digelar dua hari, 5-6 Mei 2021. Ia menyasar tiga titik. Hari pertama di Lembang Tanete dan Kelurahan Kondo Dewata, Kecamatan Mappak, kemudian di Lembang Makkodo, Kecamatan Simbuang.

Baik di kecamatan Mappak maupun Simbuang, sejumlah aspirasi disampaikan warga serta aparat pemerintah setempat yang hadir.

“Yang kami butuhkan disini pak infrastruktur jalan, layanan telpon dan internet, listrik, pendidikan serta kesehatan,” ungkap Petrus, warga Mappak.

Selama ini, warga mengeluhkan akses jalan menuju wilayah mereka, dimana masih dalam kondisi rusak parah disejumlah titik.

Kondisi ini berdampak pada terganggunya mobilitas serta perekonomian masyarakat setempat. Untuk dapat menjangkau wilayah tersebut hanya bisa menggunakan kendaraan tertentu saja, baik roda dua maupun roda empat.

Demikian pula dengan layanan listrik yang belum maksimal dirasakan masyarakat, khususnya di wilayah Mappak.

Belum lagi soal jaringan telepon dan internet yang sangat terbatas, padahal sudah menjadi kebutuhan  esensial saat ini. Apalagi pandemi Covid-19 yang belum pulih telah merubah perilaku hidup warga, tak terkecuali di Mappak-Simbuang.

Sementara soal pendidikan, warga mengungkap keresahan atas minimnya guru berstatus PNS yang betugas di sekolah. Salah satunya, SMAN 12.

Baca Juga :   Ini Tanggapan Legislator Golkar dan Gerindra Soal Pembangunan SPBU di Tengah Kota Bulukumba

Diketahui dari 17 tenaga pengajar hanya 2 orang berstatus PNS sedangkan lainnya merupakan tenaga honor.

“Yang honor itu semua warga Mappak, dan kami harap kalau bisa diperjuangkan agar bisa diangkat PPK atau CPNS,” harap Sinai, Kepala Sekolah SMAN 12.

Sementara itu, menjawab keluhan-keluhan warga, JRM mengatakan akan mencoba memperjuangkan hak-hak masyarakat.

Ia menyampaikan bahwa kunjungannya kali pertama ke Mappak-Simbuang ini guna menjaring aspirasi masyarakat setempat untuk nantinya diperjuangkan.

JRM berkesimpulan, warga Mappak-Simbuang belum sepenuhnya merasakan arti kemerdekaan. Sebab, hak serta kebutuhan mereka belum terpenuhi dengan baik.

“Reses ini menjaring aspirasi untuk kami coba perjuangkan hak-hak masyarakat demi kebaikan kita di sini, agar bisa merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, khususnya sila ke lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” terang JRM.

Ketua BAPERA Sulsel itu prihatin atas kondisi yang sudah lama dialami masyarakat di sini. Menurut dia, Mappak-Simbuang memiliki sumber daya alam melimpah, akan tetapi tak ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

dibaca : 87

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top