ikut bergabung

Wali Kota Palopo Buka Musrenbang Untuk RKPD 2022


Sulsel

Wali Kota Palopo Buka Musrenbang Untuk RKPD 2022

PALOPO,UJUNGJARI.COM–walikota Palopo,HM Judas Amir membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Palopo Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 dengan tema “Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Daerah. Musrenbang digelar di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Rabu 24 Maret 2021.

Ketua DPRD Kota Palopo Dr Hj Nurhaenih, dalam sambutannya menyampaikan bersama lembaga DPRD Kota Palopo telah merampungkan dan mengesahkan dokumen Pokok-pokok pikiran DPRD pada rapat paripurna dengan anggota dewan.

Dokumen pokok-pokok pikiran DPRD merupakan dokumen strategis kelembagaan legislatif sebagai bagian dari penyelenggara pemda yang turut mengarahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah yang tidak lepas dari perwujudan visi misi daerah RPJPD dan RPJMD serta RKPD pemda ke depan.

Di mana dokumen Pokok-pokok pikiran DPRD telah membuat sistematika penyusunan dengan unsur isu-isu strategis dan dinamis yang berkembang di masyarakat, aspirasi masyarakat berdasarkan audiensi dan demokrasi, hasil pelaksanaan kegiatan reses dan kunjungan dapil oleh DPRD.

Kemudian monitoring dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan APBD dan pembangunan, hasil reverensi dari kunjungan studi banding, masukan kelompok pakar dan tenaga ahli pakar, tindak lanjut hasil temuan dari BPK RI dan hasil telaah DPRD terhadap dokumen perencanaan eksekutif.

Tentu kami berharap adanya penyelarasan dalam upaya memadukan rumusan skala prioritas pemda dengan butir-butir rekomendasi usulan prioritas melalui dokumen Pokok-pokok pikiran DPRD.

Baca Juga :   Turis Mancanegara Mulai Kunjungi Destinasi Wisata Barru

Sehingga kedepan kita menghasilkan kesepakatan terintegrasi sebagai dua unsur penyelenggaraan pemda dalam rangka menselaraskan arah RPJPD-RPJMD, visi misi dan musrenbang serta Pokok-pokok pikiran DPRD yang kemudian diimplementasikan terhadap arah kebijakan umum dan prioritas plafon anggaran sementara untuk perencanaan anggaran pemda kota palopo kedepan.

Gubernur Sulsel yang dalam hal ini diwakili oleh Kadis Tanaman Pangan, hortikultura dan perkebunan Prov Sulsel DR. Ir. Andi Ardin Tjatjo, MP menyampaikan dalam kondisi pandemi ini kiranya tidak mengurangi substansi dari pada musrenbang yaitu sinkronisasi dan penyelarasan perencanaan pembangunan pada level pemerintah kab kota dan penajaman rencana program dari kegiatan RKPD tahun 2022.

Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder atas segala dukungan, kontribusi dan sinergitas yang dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam mewujudkan sulsel yang lebih sejahtera.

dibaca : 50

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top