ikut bergabung

Jokowi: Jangan Abaikan Kelestarian Lingkungan Sekitar Bandara


Sulsel

Jokowi: Jangan Abaikan Kelestarian Lingkungan Sekitar Bandara

MAKALE, UJUNGJARI.COM –Presiden Jokowi minta kepada Pemda dan warga Tana Toraja tidak boleh mengabaikan kelestarian lingkungan sekitar bandara Toraja.

Sala satunya kawasan hutan produksi di Buntu (bukit) Mapongka yang berada di sisi Barat bandara harus dihijaukan karena terlihat gersang.

Kawasan hutan Mapongka penyangga sumber air dan akses menuju bandara sudah gundul hendaknya dilestarikan, terang Jokowi, Kamis(18/3) saat resmikan Toraja Airport, dan bandara Pantar Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Merespon ajakan Presiden Jokowi, Minggu (21/3) Organisasi Pemuda Muhammadiyah Tana Toraja langsung bergerak melakukan penanaman pohon berbagai jenis di kawasan Buntu Mapongka.

Jika kawasan hutan Mapongka jika tidak lestari dan dijaga, boleh jadi suatu saat wilayah Mapongka kering dan kita kehilangan sumber air, terang pemuda aktivis Muhammadiyah Basrul Haq Malinggi. 

Merawat anugrah Tuhan keindahan alam Tana Toraja, penanaman pohon solusinya dan Pemuda Muhammadiyah bagian dari merawat  alam semesta dan kehidupan ini.

Pemuda Muhammadiyah usai menanam pohon, juga lakukan diskusi lingkungan, serta pengajian, tutur Basrul Haq Malinggi.

Sebagai informasi, buntu Mapongka merupakan kawasan hutan Produksi Terbatas, namun faktanyanya hanya ditumbuhi beberapa pohon pinus dan tumbuhan lainnya.

Ini terjadi lantara kawasan hutan tersebut selain dikapling warga untuk perumahan, juga sudah terbit sertipikat kawasan hutan, parahnya lagi sudah ada kapling diperjual belikan (agus).

Baca Juga :   DPMPTSP Terapkan OSS-ORB Permudah Penerbitan NIB

dibaca : 59



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top