ikut bergabung

Gowa Gelar Ujian Kenaikan Pangkat, Ratusan ASN se Sulawesi Ikut


UJIAN. Suasana ujian dinas dan penyesuaian ijazah bagi 290 ASN se Sulawesi yang dilaksanakan di Gowa.(foto/ist)

Sulsel

Gowa Gelar Ujian Kenaikan Pangkat, Ratusan ASN se Sulawesi Ikut

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 290 aparatur sipin negara (ASN) dari berbagai daerah dan provinsi se Sulawesi mengikuti ujian kenaikan pangkat atau ujian dinas penyesuaian ijazah tahun 2021 di Balai Diklat Pemkab Gowa, Minggu (21/3/2021) pagi.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM Kabupaten Gowa Muh Natsir Arif mengatakan ujian ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar. 

Peserta yang mengikuti ujian kenaikan pangkat ini berasal dari beberapa ASN dengan penempatan kerja di wilayah Sulawesi. 

” Sebagian besarnya adalah ASN di Kabupaten Gowa. Dari daerah lain ada beberapa orang seperti dari Pangkep, Barru, Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Toraja, Luwu, Palopo, Mamuju Sulbar, Takalar, Sinjai dan Bone. Ada juga dari Mamuju (Sulbar) dan Toli-toli (Sulteng),” jelas Natsir.

Natsir mengatakan pelaksanaan ujian ini berbasis komputer atau sistem Computer Assisted Test (CAT). Peserta akan menjawab berbagai soal, seperti tes kemampuan umum, kewarganegaraan, Pancasila, bahasa Inggris dan beberapa ujian wawancara yang dijawab secara tertulis.

” Kita laksanakan sistem CAT sebagai wujud pengaplikasian dari sistem IT  yang kita lakukan dan memberikan gambaran bahwa peningkatan SDM ASN kita semakin meningkatkan,” tambahnya.

Selain itu kata Natsir, ujian ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Sebelum masuk ruangan, seluruh peserta disemprot disinfektan, cuci tangan, memakai hand sanitizer dan memakai masker yang sudah disiapkan oleh penyelenggaraan.

Baca Juga :   Ketua Umum PKB Maros Siap Dampingi Harmil Mattotorang

” Ujiannya kita bagi empat sesi dengan jumlah peserta sekitar 70 orang, 50 persen dari kapasitas ruangan. Hal ini dilakukan sebagai langkah penerapan prokes covid 19,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa Muh Basir mengatakan ujian dinas dan penyesuaian ijasah ini untuk kenaikan pangkat karena pindah golongan dari golongan II ke golongan III (ujian dinas tingkat I) dan dari golongan Ill ke golongan IV (ujian dinas tingkat II).

” Saya berharap peserta bisa melalui ujian ini dengan baik dan lulus semua, sehingga bisa mempergunakan ijazahnya untuk penjenjangan sebagai ASN,” kata Basir.

Fatriana, salah seorang peserta ujian mengaku ujian ini tentu sangat membantu untuk kariernya sebagai ASN dan berharap dirinya dan semua peserta bisa lulus dalam ujian ini.

” Tentu ini sangat membantu karena kami ingin naik ke jenjang berikutnya makanya kami ikut ujian ini disini di Gowa,” kata Fatriana, Kecamatan Tabulaha, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar.-

dibaca : 27



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top