MAKASSAR,UJUNGJARI.COM– Tiga politisi bicara soal pentingnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di Sulsel, khususnya di Kota Makassar.

Ketiganya yakni dr Wahyudi Muchsin yang dikenal sebagai politisi Golkar, dr Zalwa Mochar juga dari Golkar serta Politisi Nasdem Indira Mulyasari Paramastuti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mereka bicara soal bagamana menangani kasus virus corona di Makassar dalam sebuah dialog publik di gelar di Warkop Alira Topaz Panakkukang, Sabtu (20/3).

Dr Wahyudi Muchsin mengemukakan bila tidak ada jaminan orang yang telah divaksin tidak terjangkit lagi. Olehnya itu semua lihak harus menerapkan 3M dan menjaga imun agar antibodi terbentuk.

“Saya sudah dua kali terkena corona dan telah sembuh,”ujar Dr Wahyudi Muchsin.

Menurut Dr Koboi- panggilan akrab Wahyudi menilai jika warga makassar yang sangat banyak cukup rentan terpapar corona, sehingga harus serius menjaga antibodi hingga anti gen.

“Untuk lebih baiknya semua masyarakat harus hidup sehat, setiap pulang harus mandi baru bersama keluarga,”pinta dr Koboi ini.

Zalwa Mochtar yang dikenal sebagai dokter khusus ibu dan anak bicara peran keluarga, dalam penanganan covid. Menurutnya, ibu atau perempuan punya peranan yang sangat penting dalam pencegahan covid. Dalam keluarga, ibu juga punya peran ganda dalam mengingatkan keluarga.

“Maka pemkot perlu juga mengajak pihak keluarga untuk bicara 3M sebelum keluar ke masyarakat”jelas Zalwa yang juga pengurus IDI Makassar ini.

Indira Mulyasari Paramastuti mengulas soal peran pemuda dalam pencegahan covid.

Hadir dalam kapasitasnya sebagai pimpinan KNPI Sulsel, Indira mengaku sejak awal pihak KNPI telah melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan selebaran peringatan pada April 2020 lalu.

“Tak hanya itu NKPI juga melakukan edukasi bagi masyarakat, namun masih banyak warga yang masih belum menerapkan 3M”jelas Indira.

Mantan calon wakil wali kota Makassar ini menambahkan bila pemuda juga punya peran penting dalam mengurangi penyebaran covid.

“Untuk itu, pemuda diminta agar dapat menggunakan media sosial terkat pencegahan dan tidak menyebar hoax terkait manfaat vaksin”jelas mantan Wakil Ketua DPRD Makassar ini.

Sebelumnya Relawan Milenial Makassar dr Arfan menjelaskan soal manfaat vaksin dalam mencegah penularan Covid 19.

“Banyak isu yang beredar bahwa virus ini sangat gampang menular, Maka dari itu gerakan atau Ikhtiar yang dilakukan melalui Vaksinasi oleh pemerintah kita supaya angka covid-19 landai dan ekonomi indonesia bisa membaik,” harap dr Arfan.