ikut bergabung

Penggoli Disiapkan Jadi Percontohan Kelurahan Bebas Narkoba


Sulsel

Penggoli Disiapkan Jadi Percontohan Kelurahan Bebas Narkoba

PALOPO, UJUNGJARI.COM–Pemerintah Kota Palopo bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Palopo menggelar pertemuan terkait pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 02 Tahun 2020 tentang Rencana aksi P4GN 2020-2024 dan Pembentukan Kelurahan “Bersinar” (bersih narkoba), di Aula Bappeda palopo, (Jumat, 19/3/2021).

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP yang memimpin pertemuan tersebut dalam arahannya mengungkapkan Narkoba ini sudah merupakan suatu kejahatan yang luar biasa, sudah ditetapkan sebagai kejahatan yang luar biasa. Di sulsel ini, lanjut Sekda, sudah termasuk luar biasa peredarannya.

“Termasuk kita dipalopo ini, daerah kita menjadi daerah transit, para pelaku mengirim dari luar ke daerah lain ke wilayah utara, soroako, morowali, singgah dulu disini, di Palopo. Nah singgahnnya di sini ada juga yang sudah pakai,” ungkap Sekda.

Kemudian, lanjutnya, diharapkan berperan aktif termasuk masyarakat didalamnya, berperan aktif paling tidak mencegah peredarannya, paling tidak kita melaporkan jika ada hal hal yang mencurigakan, ada penyalahgunaan narkoba. Lebih lanjut, Sekda menjelaskan, Walikota Palopo sangat konsen dengan hal ini (penyalahgunaan narkoba), terorisme dan radikalisme.

“Walikota sangat konsen terkait hal ini, sehingga beliau telah membentuk kurang lebih 14 ribu relawan  anti narkoba, terorisme dan radikalisme, RAN. “kita tentu berharap ini masih tetap Run  juga, tapi paling tidak, embrio, kelompok-kelompok masyarakat yang bisa membantu kita untuk mencegah peredaran narkoba ini, di Palopo sudah terbentuk, tinggal kita mau lanjutkan,” jelasnya.

Baca Juga :   Hadiri HUT Belopa, Wagub Sulsel Bawa 'Oleh-Oleh' untuk Masyarakat Luwu

Sekda menambahkan dari inpres nomor 2 tahun 2020 ini juga kita itu disarankan untuk membentuk kelurahan bersinar, bersih narkoba. Inilah pada hari ini kita bertemu untuk membicarakan ini, hal hal apa yang akan kita lakukan.

“Yang pertama yang harus kita lakukan adalah komitmen awal kita. Komitmen awal kita bersama bahwa kelurahan ini kita bentuk sehingga kita bisa fokus, sehingga kita bekerja sama untuk mencegah hal halnya berkaitan dengan perearan dan penyalahgunaan narkoba”, ungkap Sekda.

“Dan yang lainnya kita akan buat semacam rencana aksi, di mana rencana aksi itu akan terus kita lakukan, kita implementasikan sehingga peredaran narkoba dikota palopo ini bisa kita atasi bersama,” lanjutnya. 

“Peran aktif kita semua ini sangat dibutuhkan sangat diharapkan dan ini merupakan tugas mulia karena kita menyelamatkan anak bangsa. Dan ini bukan semata-mata tugas pak polisi, BNN, ini adalah tugas kita semua,” jelasnya.

dibaca : 59

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top