ikut bergabung

Berani Bangun IPA Kapasitas Besar dengan Trade Credit, PDAM Gowa Raih Reward Kementrian PU


RESMIKAN. Dirut PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal memberikan penjelasan tentang operasional IPA 100 liter/detik yang baru diresmikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (foto/ist)

Sulsel

Berani Bangun IPA Kapasitas Besar dengan Trade Credit, PDAM Gowa Raih Reward Kementrian PU

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan usai meresmikan IPA  100 liter/detik ini berharap keberadaan IPA ini dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan sebagai jawaban atas keluhan-keluhan pelanggan yang kerap mengemuka tidak menikmati layanan air secara maksimal akibat keterbatasan layanan produksi air bersih yang dihasilkan.

” Insya Allah dengan adanya IPA 100 liter/detik yang mampu melayani 8.000 SR ini, bisa berjalan optimal dan dapat dirasakan manfaatnya lebih baik lagi oleh masyarakat. Saya salut dan berterima kasih atas kerja keras jajaran PDAM Tirta Jeneberang yang begitu gigih dan mampu mendirikan IPA kapasitas besar ini apalagi tanpa APBD. Apapun yang dilakukan PDAM dalam program ini tanpa intervensi pemerintah daerah khususnya dalam pembiayaan dan kerjasama dengan pihak perbankan,” jelas bupati.

Sementara itu Dirut PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal menjelaskan awal pihaknya mengadakan IPA kapasitas besar ini.

Dijelaskannya, IPA 100 liter/detik yang dibangun sejak awal 2020 dan selesai awal 2021 ini menelan anggaran Rp 15 miliar lebih tanpa menggunakan APBD Gowa apalagi APBN. Pembangunan instalasi pengolahan air ini murni pembiayaan mandiri dari PDAM Tirta Jeneberang. 

” Alhamdulillah dengan dana mandiri kami berusaha membangun IPA ini dan mendapatkan backup dana kredit dari pihak perbankan dalam hal ini Bank Sulsel yang memberikan kami bunga terendah dari sekian bank yang kami tawari kerjasama. Kami beroleh kredit sebesar Rp 13 miliar lebih ditambah pembiayaan kami (PDAM Gowa) sehingga total dana pembangunan IPA ini sebesar Rp 15 miliar tertalangi. Kami berterima kasih atas backup Bank Sulsel. Dan ternyata keberanian kami ini meraih reward dari Kementrian PU untuk mengembangkan IKK Barombong dan IKK Pattallassang di tahun 2021 ini juga,” terang Hasanuddin.

Baca Juga :   Universitas Terbuka dan Pemkot Palopo Galang Kerjasama Buka Program Kuliah Jarak Jauh

Karena pembangunan IPA ini adalah mandiri maka PDAM Tirta Jeneberang tambah Hasanuddin, melibatkan pihak Kejaksaan dan Polres Gowa untuk pendampingan mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan berjalan dan rampung.


” Selain karena kami gunakan backup dana kredit, kami juga melaksanakan pembangunan IPA ini dengan sistem tender terbuka. Ada tujuh perusahaan pabrikan asal nasional yang ikut tender dan dimenangkan oleh PT Jasuka asal Jabar. Perusahaan Jasuka ini memang asal Jawa Barat namun NPWP-nya beralamat Kabupaten Gowa sebab persyaratan tender ini harus berdomisili di Kabupaten Gowa. Alhamdulillah IPA ini sudah bisa kita manfaatkan sekarang dan mampu melayani 8.000 SR. Adanya IPA ini karena kondisi PDAM Gowa cukup kesulitan dalam melayani air bersih kepada para pelanggan sementara kondisi kebutuhan air yang sangat besar,” ungkap Hasanuddin Kamal yang juga adalah Ketua Perpamsi Sulsel.

dibaca : 161

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top