ikut bergabung

Berani Bangun IPA Kapasitas Besar dengan Trade Credit, PDAM Gowa Raih Reward Kementrian PU


RESMIKAN. Dirut PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal memberikan penjelasan tentang operasional IPA 100 liter/detik yang baru diresmikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (foto/ist)

Sulsel

Berani Bangun IPA Kapasitas Besar dengan Trade Credit, PDAM Gowa Raih Reward Kementrian PU

GOWA, UJUNGJARI.COM — PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa dapat jempol Kementrian PU. Pasalnya BUMD milik Pemkab Gowa, Provinsi Sulsel ini dinilai berani melakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 100 liter/detik dengan sistem kerjasama business to business jenis trade credit (pembayaran berjangka kepada pelaksana).

Luar biasa. Dengan keberanian itulah, PDAM Gowa inipun diberi reward dana stimulan pengembangan dua IKK dalam wilayah cakupan pelayanannya. Bahkan oleh Direktur Air Kementrian PU Yudha Mediawan diwakili Kepala Balai Prasarana Wilayah Permukiman Sulsel Dr Ahmad Asiri menyebutkan jika PDAM Tirta Jeneberang ini adalah salah satu BUMD tersehat di Indonesia. 

Karena itulah, Kementrian PU pun menjadikan PDAM Tirta Jeneberang ini sebagai percontohan BUMD air minum yang mampu melakukan  pembangunan sarana air bersih tanpa menggunakan anggaran daerah atau APBD.

Hal itu disampaikan Direktur Air Kementrian PU Yudha Mediawan diwakili Kepala Balai Prasarana Wilayah Permukiman Sulsel Ahmad Asiri saat menghadiri peresmian IPA Bontomarannu kapasitas 100 liter/detik di kompleks IKK Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, Selasa (9/3/2021) siang.

Dikatakan Ahmad Asiri, PDAM Tirta Jeneberang adalah BUMD air minum yang masuk kategori 3 yakni kategori PDAM yang sehat.

” Makanya, PDAM Tirta Jeneberang tahun ini meraih reward berupa bantuan stimulan untuk optimalisasi SPAM Barombong dengan alokasi sebesar Rp 13,2 miliar dengan target perbaikan layanan eksisting sebanyak 1.628 SR dan penambahan 1.000 SR baru untuk Kecamatan Barombong dan Pallangga. Bantuan kedua yakni bantuan skema pendamping berupa pembangunan jaringan perpipaan SPAM Kecamatan Pattallassang sebesar Rp 4,5 miliar. Target penambahan cakupan dari skema bantuan pendamping ini adalah penambahan 2.000 SR baru,” beber Ahmad Asiri dihadapan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dalam kesempatan peresmian IPA kapasitas 100 liter/detik ini.

Baca Juga :   Pemkab Pangkep-Kejari Teken MoU Pendampingan Hukum

Dikatakan Ahmad Asiri, Kementrian PU menargetkan pelaksanaan konstruksi untuk dua paket kegiatan ini dilakukan Juli 2021 dengan status saat ini dalam proses penyusunan dokumen perencanaan oleh Pemkab/PDAM dan pemenuhan Readiness Criteria (RC) lainnya.

Ahmad Asiri juga mengatakan, PDAM Tirta Jeneberang telah menjadi percontohan kepada kolega PDAM lainnya agar memiliki mindset bahwa pelaksanaan pengembangan infrastruktur SPAM tidak hanya bergantung pada APBN/APBD saja dan melihat peluang bahwa pendanaan non publik untuk sektor air minum merupakan kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik dan outcome yang tepat sasaran.

dibaca : 159

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top