ikut bergabung

Perumda Air Minum Makassar Fokus Tuntaskan Krisis Air di Utara dan Timur Kota


Dr Hamzah Ahmad

Makassar

Perumda Air Minum Makassar Fokus Tuntaskan Krisis Air di Utara dan Timur Kota

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM— Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar terus berupaya meningkatkan layanan dan penyediaan air bersih bagi warga Makassar. Krisis air bersih yang selama ini terjadi di sebagian wilayah utara dan timur Makassar menjadi salah satu prioritas untuk segera diatasi.

Direktur Utama Perumda Air Minum Makassar, Dr Hamzah Ahmad mengatakan untuk program jangka pendek, pihaknya sudah memasang jaringan pipa di kawasan Pelabuhan Untia Kecamatan Biringkanaya.

“Jadi masyarakat di Untia dan sekitarnya Insya Allah sudah bisa kita layani. Mudah-mudahan tahun ini kalau kemarau datang dampak kekeringan dan krisis air di wilayah ini sudah tertangani,” kata Hamzah, Minggu (14/2).

Sedangkan untuk wilayah utara kota, Perumda Air Minum sementara melakukan perbaikan terhadap reservoir di Jalan Gatot Subroto yang mengalami kebocoran.

“Semoga bisa selesai tahun ini dan bisa difunsikan, supaya suplay air di kawasan utara kota bisa kita maksimalkan,” katanya.

Selain reservoir dan pembenahan jaringan pipa, Perumda Air Minum Makassar sudah mempersiapkan program jangka panjang. Salah satunya proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mamminasata segera dilanjutkan.

Proyek ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di empat daerah di Sulsel. Diantaranya, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, dan Takalar.

Untuk program ini, Gubernur Sulsel, Prof Dr HM Nurdin Abdullah bersama empat kepala daerah belum lama ini sudah menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) SPAM Regional Mamminasata.

Baca Juga :   LAKSUS Desak Pemkot Makassar Anulir Hasil Seleksi Calon Kepala SD dan SMP, Muh Ansar: Cacat Administrasi

Jika proyek ini tuntas, maka masyarakat di wilayah utara dan timur Kota Makassar tidak lagi mengalami kesulitan air bersih saat tiba musim kemarau seperti saat ini.

“Proyek ini diperkirakan selesai 2023. Jika begitu maka wilayah utara dan timur kota yang masuk daftar tunggu seperti kawasan industri dan permukiman warga bisa kita layani,” tambah doktor ekonomi UMI Makassar itu.

Hamzah menambahkan dari proyek SPAM Mamminasata, Kota Makassar mendapatkan suplay air bersih cukup besar yakni 600 lps. Rencananya, 500 lps akan didistribusikan masuk ke reservoir di KIMA dan 100 lps di reservoir BTP.

“Jadi harapan kita dua tahun kedepan, krisis air bersih di wilayah paling terdampak saat kemarau bisa kita tuntaskan,” harap Hamzah.

dibaca : 59



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top