ikut bergabung

JRM Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Talion Toraja


RESES. Anggota DPRD Sulsel, John Renden saat melakukan reses di Kelurahan Talion, Tana Toraja.

Sulsel

JRM Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Talion Toraja

MAKALE, UJUNGJARI.COM–Legislator DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mangontan (JRM), Sabtu (6/2) lalu kembali melakukan reses di Kelurahan Talion, Kecamatan Rembon.

Reses serupa sebelumnya dilaksanakan JRM di Randan Batu kecamatan Makale Selatan, dan Lembang Lea, kecamatan Makale. Meskipun warga antusias jubeli reses JRM, namun tetap tertib ikuti Prokes Covid-19 dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, tidak kerumunan, dan kurangi mobilitas (5M).

Sejumlah keluhan dan aspirasi diserap JRM di Kelurahan Talion. Mulai dari pengairan, perkebunan, jaringan air bersih, bantuan alat pertanian (Alsintan) hingga pengembangan pariwisata.

JRM tidak pernah capek dan lelah memikirkan Tana Toraja berubah, maju, dan lebih baik. Ia berjanji akan memperjuangkan aspirasi dari warga Kelurahan Talion di DPRD Provinsi Sulsel.

Dalam kesempatan itu juga JRM menguraikan hierarki dan mekanisme serta perencanaan pembangunan. Mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan dan lembang (desa).

Politisi Partai Golkar ini menambahkan perencanaan pembangunan harus sinergi satu sama lain, sehingga arah pembangunan simultan dan sistematis, teratur, dan berkesinambungan.

Dijelaskan JRM, hierarki perencanaan pembangunan akan lebih jelas dan terarah apabila mulai dari pusat hingga daerah. Perencanaan pembangunan tidak jalan sendiri-sendiri melainkan ada keterkaitan karena  pembangunan bottom up (dari bawah ke atas) dan top down (dari atas ke bawah) berjalan sesuai harapan.

“Kita berharap Bupati dan Wakil Bupati baru Tana Toraja terpilih bisa mewujudkan visi dan misi dikemas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) disosialisasikan dengan baik sehingga aspirasi dan usulan sinkron dengan RPJMD,” katanya.

Baca Juga :   KIM Diminta Ajak Masyarakat Peka Informasi

Meski demikian, begitu jelas dan terarah RPJMD Pemda dimanifestasikan dalam visi dan misi. “Aspirasi masyarakat mestinya sesuai dengan RPJM sehingga masuk program prioritas disesuaikan kemampuan keuangan daerah,” tutup JRM. (agus).

dibaca : 38



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top