ikut bergabung

Teliti Usaha Kuliner, Hatidja Raih Gelar Doktor di UNM


Pendidikan

Teliti Usaha Kuliner, Hatidja Raih Gelar Doktor di UNM

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pembangunan Indonesia Makassar, Siti Hatidja berhasil meraih gelar doktor di Pasacasarjana Universitas Negeri Makassar. Itu setelah Hatidja mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Kapabilitas Dinamis dan Aspek Kewirausahaan Terhadap Inovasi dan Kinerja Usaha Kreatif Kuliner di Kota Makassar” dalam sidang promosi yang berlangsung Senin, 8 Februari 2021.

Sidang promosi doktor yang berlangsung secara daring dengan promotor Prof Dr. Amiruddin Tawe MS dan Prof Dr Chalid Imran Musa,M.Si. Selanjutnya penguji internal Prof Dr Baso Jabu. M.Hum, dan Prof Dr H Muhammad Azis. Sedangkan penguji eksternal Dr Agung Widi Kurniawan MT.MM, dan Prof. Dr. Hj.A. Niniek F.Lantara. SE.M.Si

Dalam disertasinya, anggota Dewan Pendidikan Kota Makassar ini memaparkan pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen dalam pengelolaan usaha kuliner di Makassar.  Lokasi penelitian dilakukan di Makassar dengan populasi sebanyak 1.402 usaha yang terdaftar pada instansi terkait.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kapabilitas dinamis dan aspek kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi. Variabel kapabilitas dinamis dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja usaha kreatif kuliner. Sedangkan aspek kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha kreatif kuliner. Kapabilitas dinamis dan aspek kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kreatif kuliner melalui variabel inovasi,” kata Hatidja.

Baca Juga :   Universitas Ekasakti Cetak 535 Alumni, Syahrum Makkurade: Terus Amalkan Nilai Pancasila

Menurut perempuan yang akrab disapa Ija ini, kapabilitas dinamis yang dimaksud antara lain adaptasi, integrasi, rekonfigurasi internal, dan identifikasi faktor eksternal sebagai dimensi yang memberikan sumbangsih pada peningkatan inovasi usaha kreatif kuliner.

 

dibaca : 47



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top