ikut bergabung

Habiskan APBD Rp500 Juta, Gedung TIC Dispar Dibiarkan Mubazir


Sulsel

Habiskan APBD Rp500 Juta, Gedung TIC Dispar Dibiarkan Mubazir

BARRU, UJUNGJARI.COM — Sejak dibangun pada 2019, proyek pembangunan gedung Tourist Information Center (TIC) milik Dinas Pariwisata kabupaten Barru ini belum difungsikan. Padahal proyek tersebut sudah menyedot APBD yang bersumber dari DAK senilai Rp529.550.000.

Hingga kini bangunan yang patut dinilai mubazir itu, dibeberapa bagian palpon sudah rusak karena rembesan air hujan. Bahkan sudah ada bagian palpon yang jatuh dan rayap juga ikut menghuni gedung ini.

Gedung TIC tersebut terletak di kawasan wisata Bola Pitue di lingkungan Padongko kelurahan Mangempang kecamatan Barru kabupaten Barru. Tampak dibagian depan sarana informasi ini sudah ditumbuhi rumput tinggi.

Papan proyek dari sarana ini masih ada didepan gedung dengan kondisi terjungkal sehingga masih sangat jelas tulisannya jika gedung ini dibangun dua tahun lalu. Beberapa awak media sempat memasuki gedung yang tidak terkunci itu untuk mengambil gambar gedung tersebut.

Kadis Pariwisata Barru, Andi Syarifuddin yang dihubungi Jumat (5/2) mengakui jika gedung ini merupakan kegiatan 2019 dan selesai kegiatan di akhir tahun.

Syarifuddin tak menampik jika ada tiga lembar palpon yang rusak dan berkelit jika hal ini masih menjadi tanggung jawab pihak kontraktor karena masih tahap pemeliharaan.

“Saat itu memang terjadi kebocoran sehingga ada 3 lembar  plafon yang rusak, tetapi telah diperbaiki pihak pemborong karena masih tahap pemeliharaan dan itu merupakan tanggung jawab kontraktor,” ujar Syarifuddin.

Baca Juga :   Bupati Takalar Beri Kesempatan WMP Sematkan Lambang Abdesi ke Kades Terpilih

Hanya saja ia membantah jika gedung ini tidak difungsikan. Proses pemanfaatan akan dilakukan setelah diiperbaiki.

“Gedung ini sudah dimanfaatkan sebagai pusat informasi pariwisata dan dan pusat kegiatan yang hubungannya dengan pemuda, dalam hal ini kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan panguyuban duta wisata,” kelitnya.

Dia juga mengakui jika pemanfaatan sarana ini belum maksimal. “Tetapi mulai tahun ini pegawai bidang promosi di Dispar secara bergantian bertugas disana,” aku Syarifuddin. (Udi)

dibaca : 41



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top