ikut bergabung

Hari Kedua Vaksinasi Covid19 di Pattallassang Banyak Nakes Tak Bersyarat


VAKSIN. Koordinator Program Imunisasi Puskesmas Pattallassang H Rusli Husain saat menyuntikkan vaksin sinovac pada salah satu nakes di Pattallassang.(foto/sar)

Sulsel

Hari Kedua Vaksinasi Covid19 di Pattallassang Banyak Nakes Tak Bersyarat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pelaksanaan vaksinasi covid19 di Puskesmas Pattallassang telah berjalan, Selasa (25/1/2021) siang. Untuk vaksin di hari kedua hanya mampu memvaksinasi dua orang tenaga kesehatan (nakes) lantaran sejumlah diantaranya tidak bersyarat vaksin saat dilakukan screening.

Namun pada hari pertama vaksin yang dilakukan pihak Puskesmas Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa ini,  ada 22 nakes berhasil divaksin setelah lolos screening.

Kepala Puskesmas Pattallassang dr Sri Hudaya didampingi Kepala UGD dan Koordinator Program Imunisasi Puskesmas Pattallassang H Rusli Husain disela kegiatan vaksinasi nakes mengatakan, nakes di jajaran Puskesmas Pattallassang sebanyak 95 orang dan yang ikut screening baru 22 hari pertama dan 19 nakes discreening hari kedua. Hanya saja di hari kedua screening hanya dua orang yang bisa divaksin sedang nakes lainnya tidak bersyarat karena memiliki penyakit bahkan ada yang sedang hamil.

Baca Juga

” Kami berharap kegiatan vaksinasi yang kita agenda hingga lima hari ini bisa tuntas terlaksana dan seluruh nakes yang ada di Pattallassang bisa tervaksin keseluruhan hingga pada tahap kedua pelaksanaan nanti,” kata dr Sri Hudaya.

Di tempat yang sama Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Gowa dr Gaffar yang hadir memantau pelaksanaan vaksinasi covid sinovac di Puskesmas Pattallassang berharap pelaksanaan vaksin untuk para nakes di seluruh wilayah Kabupaten Gowa khususnya pada 26 puskesmas tambah satu rumahsakit dapat tuntas.

Baca Juga :   Seleksi Tambahan 19 Desa Diikuti  147 Bakal Calon Kades

” Untuk Gowa itu kita terjatah vaksin sebanyak 4.000 lebih vial. Dan diperuntukkan bagi 2.155 orang nakes. Khusus di Pattallassang ini semoga semua nakes dapat tuntas divaksin untuk kemudian lanjut lagi pada vaksin tahap dua pada 14 hari setelah vaksin pertama,” kata dr Gaffar.

Dikatakannya, secara umum dari 2.155 nakes yang terjatah vaksin di Gowa, hingga kini baru 7,72 persen atau 221 nakes yang telah divaksin dari 1.882 nakes yang mengkonfirmasi diri siap vaksin. Jadi selama 4-5 hari ini, terus dilakukan vaksin agar target 2.155 nakes tervaksin tercapai.

” Semoga sisa nakes yang belum vaksin dapat tuntas sebelum memasuki vaksinasi kedua,” jelas dr Gaffar yang juga juru bicara Satuan Gugus Covid19 Kabupaten Gowa.

Diakui dr Gaffar melambatnya jumlah nakes tervaksin disebabkan karena ada nakes yang ditunda untuk vaksin, ada yang berhalangan, ada juga yang beberapa penyintas.

” Makanya kami harapkan bagi nakes yang ditunda agar segera menyesuaikan untuk bisa divaksin. Syarat bagi yang hendak vaksin adalah sehat. Kriteria sehat diinterpretasi di 16 kriteria pada saat screening. Semua penyakit metabolik apalagi tidak stabil, gangguan fungsi organ, ginjal, hati, apalagi fungsi imun apalagi penyintas atau orang yang sudah covid. Untuk vaksin para nakes ini, kita target Februari selesai. Makanya kami harapkan para nakes semuanya sehat dan bisa divaksinasi supaya semuanya aman, kita bisa melakukan pelayanan secara aman,” jelas dr Gaffar.

Baca Juga :   Soal Penggeledahan Empat Kantor di Pemkab Gowa, Muchlis: Terkait Tender Program Imtaq

dibaca : 92

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top