PAREPARE, UJUNGJARI.COM — Sejumlah tenaga medis yang ada di Puskesmas Lemoe kecamatan Bacukiki, Kota Parepare terlihat berpakaian lengkap APD covid-19. Mereka melaksanakan simulasi vaksin covid-19 di ruang khusus bagian belakang puskesmas, Senin 11 Januari 2021.

Menurut Kepala Puskesmas Lemoe drg Sufriani, M.Kes, simulasi vaksin covid-19 dilaksanakan hari ini, semua tenaga medis Puskesmas ini, kita lakukan vaksin nantinya setelah ada perintah atasan agar bagaimana masyarakat kita diberi contoh mulai dari tenaga medis dan stafnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Simulasi vaksin covid-19, beda dengan seperti dilakukan vaksin biasa pada umumnya, vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Ini dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit penyakit tertentu seperti covid-19.

Mereka tenaga medis yang diutamakan, karena berisiko terdampak virus sebagai garda terdepan ketika virus mematikan itu menyerang. “Maka diprioritaskan bagi tenaga medis yang berisiko terdampak covid-19.” ucap Sufriani.

Sementara Seksi Program Kesehatan (Progkes) Dinas Kesehatan kota Parepare, Tasman, mengatakan ada sebanyak 2076 vaksin untuk jatah Parepare. Ini data dari sistem informasi sumber daya manusia kesehatan (sisdmk). “Sudah ada enam puskesmas laksanakan simulasi hingga hari ini 11 Januari 2021,” ujarnya.

“Setiap hari, satu Puskesmas melaksanakan simulasi vaksin covid-19, dari enam yang sudah melaksanakan simulasi, sisa dua dari jumlah delapan Puskesmas yang ada di Parepare akan melaksanakan simulasi vaksin covid-19,” Jelasnya.

Simulasi ini dilakukan agar para masyarakat nantinya tidak ada yang dobel ketika pendaftaran tidak boleh ada dobel dan pelayanan vaksin ini tidak menggangu pelayanan rutinitas puskesmas dalam sehari hari.” kata Tasman. (Mup)