ikut bergabung

PMI Gowa Gelar Orientasi Restore Family Link


ORIENTASI. Suasana orientasi kepelangmerahan dan pemulihan hubungan keluarga yang digelar PMI Gowa. (foto/ist)

Sulsel

PMI Gowa Gelar Orientasi Restore Family Link

GOWA, UJUNGJARI.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gowa adalah organisasi kemanusiaan yang betul-betul menjadi multifungsi dalam penanggulangan bencana alam.

Salah satu fungsi PMI dalam setiap bencana yang terjadi adalah melakukan pemulihan hubungan keluarga. Pasalnya salah satu masalah besar yang terjadi sebagai dampak bencana adalah kerap terpisahnya anggota keluarga dari keluarga lainnya.

Karena itu, PMI Gowa pun mengelar kegiatan orientasi kepalangmerahan tentang pemulihan hubungan keluarga atau restore family link. Kegiatan ini dilakukan, Rabu (23/12/2020) pukul 08.00 Wita di aula kantor Pemerintah Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa dihadiri staf markas PMI Sulsel dan sekira 30 orang pengurus PMI Gowa.

Dalam orientasi kepalangmerahan dan restore family link dasar  ini menurut dr Hasanuddin selaku Wakil Ketua Bidang Yansoskesmas PMI Gowa, salah satu mandat yang diterima oleh PMI melalui surat keputusan Presiden No 246 tahun 1963 tentang PMI, adalah membantu penanggulangan bencana.

Kemudian mandat tersebut diperkuat dengan Undang Undang No 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan, dimana tercantum pada Bab V bagian kesatu Pasal 22 menyatakan bahwa tugas membantu dalam penanganan musibah dan/atau bencana di dalam dan melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh negara.

” Dalam kegiatan Kepalangmerahan pemulihan hubungan keluarga atau restore family link (RFL) merupakan salah satu kegiatan awal yang dilakukan Jean Henry Dunant, selaku  Bapak Palang Merah Dunia. Dimana pada saat pertempuran di Solferino pada 24 Juni 1859 selain melakukan kegiatan pertolongan pertama kepada para korban yang masih hidup, Henry Dunant juga melakukan upaya untuk dapat memberikan berita kepada keluarga para tentara yang berperang, baik keluarga tentara yang terluka maupun keluarga tentara yang meninggal dunia. Kegiatan itulah yang disebut pemulihan hubungan keluarga atau restore family link,” ungkap dr Hasanuddin sebagai narasumber dalam orientasi kepalangmerahan tersebut.

Baca Juga :   JSI Kembali Rilis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah Gowa

Terpisah, Muh Kodri Tapa selaku kepala markas PMI Cabang Gowa menjelaskan orientasi sehari ini dilakukan sebagai bentuk pembekalan bagi segenap pengurus PMI Gowa ketika menghadapi bencana.

” Sesuai ilustrasi, kami pun mengadakan kegiatan restore family link dasar kepada para relawan PMI di Gowa dan ini menjadi salah satu dari program kerja kami,” kata Dody sapaan akrab Muh Kodri Tapa.-

dibaca : 46



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top