ikut bergabung

Danny Pertahankan Pajak Normal Demi PAD, Ekonom INDEF: Mencekik Usaha Kecil


Politik

Danny Pertahankan Pajak Normal Demi PAD, Ekonom INDEF: Mencekik Usaha Kecil

MAKASSAR, UJUNGJARI–Ekonom Senior Institute for Development, Economics and Finance (INDEF) Prof Didik J Rachbini, memberikan perhatian serius pada debat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020, Selasa (24/11/2020) malam.

Utamanya pada segmen yang membahas perekonomian, Ekonom INDEF ini menyebut argumentasi program dari Paslon, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) soal relaksasi pajak patut diacungi jempol.

“Dalam situasi krisis yang diperlukan adalah relaksasi plus dimana dunia usaha khususnya UMKM tidak dibebani pajak dan pungutan yang tinggi karena kondisi perekonomian semuanya menurun. Itu dilakukan oleh Pemerintah dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk sementara waktu dengan utang,” terangnya saat dihubungi, Rabu (25/11/2020).

Alasan pemberian relaksasi pajak ini lanjut Prof Didik, adalah upaya untuk mengurangi beban bagi para pelaku usaha utamanya menengah ke bawah.

Olehnya itu, menurutnya langkah tepat dilakukan Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah dengan memberikan relaksasi.

Bahkan Prof Didik terang-terangan menyebut pemimpin dalam hal ini semisal wali kota Makassar yang lebih memilih mempertahankan tarif pajak normal demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tergolong naif bahkan merugikan masyarakat.

“Kalau relaksasi tidak dilakukan dengan mempertahankan level pajak normal apalagi menaikkan demi PAD maka kebijakan ini sama demgan mencekik usaha kecil. Baru setelah ekonomi normal maka pajak juga berjalan normal, sebab kebijakan relaksasi di masa krisis adalah kebijakan yang seharusnya, wajar dan diperlukan oleh usaha kecil dan menengah,” paparnya.

Baca Juga :   Dijamu Danny-Fatma, Nasdem: Terima Kasih Makassar

“Jangan sebaliknya memberlakukan pajak pungutan sebagaimana masa normal. Melakukan kebijakan as usual seolah-olah tidak ada krisis,” sambungnya.

Selain relaksasi pajak, Prof Didik juga mengatakan pemberian subsidi seperti yang dipaparkan Appi-Rahman juga sebagai solusi yang berorientasi kepada masyarakat.

“Usaha kecil juga perlu diberi subsidi agar mereka bangkit, seperti subsidi pulsa, pengurangan sewa kios di pasar, subsidi jasa pengiriman dan lain-lain,” tutupnya.

Sebelumnya terjadi adu argumen terjadi antara Calon Wali Kota Munafri Arifuddin dan Danny Pomanto, terjadi di segmen keempat Debat Publik 2 Pilwali Makassar 2020, di MNC Tower, Selasa (24/11/2020).

Saat memasuki sesi saling menanggapi program kandidat, dalam bidang penanganan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

dibaca : 53

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top