ikut bergabung

Pemkot Sasar Napi untuk Tes Swab


Makassar

Pemkot Sasar Napi untuk Tes Swab

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemkot Makassar terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus korona yang menyebabkan covid-19. Salah satunya, gencar melakukan swab massal. Bukan hanya di seluruh kecamatan yang ada di Makassar, melainkan juga kepada orang-orang yang rentan terpapar.

Selain akan melakukan tes swab kepada sopir petepete dan angkot, Pemkot Makassar juga berencana melakukan swab massal bagi para narapidana di rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Agus Jaya Said mengatakan upaya ini telah dilakukan sejak lama oleh Dinkes namun pihaknya banyak menemui permintaan dari pihak kepolisian dan kejaksaan belakangan ini sehingga swab bagi napi rencana akan kembali digencarkan.

“Kepolisian dan kejaksaan kita sudah kerjasama, kemarin banyak permintaan, jadi tahanan-tahanan juga yang baru masuk kita juga swab,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa napi dianggap sangat potensial terkena hingga menularkannya ke orang lain, kondisi rumah tahanan yang tertutup dan banyaknya interaksi berpotensi besar menghasilkan cluster baru ke depannya.
“Kan kita tahu di tahanan kan rawan, jadi kita tidak mau ada cluster baru nantinya di rutan dan ditahanan,” ujar Agus.

Agus mengatakan Dinkes sudah berulang kali melakukan kunjungan ke sejumlah tahanan untuk dilakukan pemeriksaan, salah satu yang krusial juga adalah proses pemindahan tahanan.

Dinkes sangat berhati-hati memastikan tahanan yang dipindah aman agar tidak menulari yang lainnya. Meski belum membeberkan jumlah yang akan diswab nantinya, dia memastikan ketersediaan alat juga masih cukup. (*)

Baca Juga :   Jadi IRUP, Beni Iskandar ingatkan Pentingnya Bersyukur

dibaca : 24



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top