ikut bergabung

Inspektorat Gowa Ikut Rakor Virtual KPK, Ini yang Dibahas


Suasana rakor virtual Inspektorat Pemkab Gowa dengan KPK RI.

Sulsel

Inspektorat Gowa Ikut Rakor Virtual KPK, Ini yang Dibahas

GOWA, UJUNGJARI.COM — Plt Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsinah berharap pihak KPK memprioritaskan Kabupaten Gowa dalam pembinaan terkait percepatan langkah-langkah pemberantasan korupsi sehingga persentasenya lebih meningkat. 

Hal tersebut disampaikan Kamsinah saat mengikuti rapat koordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi program pemberantasan korupsi Pemerintah Kabupaten Gowa di Peace Room A’Kio kantor Bupati Gowa, Rabu (7/10/2020).

Disela virtual zoom dengan KPK iti, Kamsinah meminta kepada pimpinan SKPD untuk lebih aktif dan serius memantau, pencapaian keberhasilan MCP serta meningkatkan komunikasi kepada admin MCP dan Inspektorat.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan oleh Satgaswil VIII Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Inspektorat serta jajaran terkait area intervensi Monitoring Centre for Prevention (MCP) 2020.

Pada kesempatan ini, Kamsinah menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh KPK ini tiada lain untuk melakukan evaluasi dan monitoring apa-apa saja kegiatan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gowa.

“Jadi monev ini untuk mengetahui sejauhmana progres dan capaian yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa,” kata Kamsinah yang juga Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa ini.

Dikatakannya, untuk Kabupaten Gowa progres capaian MCP saat ini telah ada pemenuhan beberapa dokumen pada beberapa area intervensi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa capaian area intervensi yang belum dievaluasi disebabkan adanya pandemi covid-19.

Baca Juga :   Tim Social Care Sulsel Sisir Korban Banjir di Bantaeng dan Jeneponto

” Karena itu,  melalui monitoring dan evaluasi saat ini diharapkan ada penyamaan persepsi terkait sub indikator atas dokumen-dokumen pendukung yang dimaksud pada tiap area intervensi,” ujar Kamsinah.

Sementara Kasatgas Wilayah 8 Korsupgah KPK Dian Patria mengatakan,  monev ini dilaksanakan sebagai rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi pemerintah daerah tahun 2020.

“ Aksi ini berfokus pada perbaikan tata kelola pemerintahan, yang mengarah pada good clean government, penyelamatan keuangan dan asset dalam meningkatkan penerimaan daerah,” kata Dian Patria.

Dalam rapat monev ini juga, Dian memberikan beberapa masukan dan arahan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa khususnya pada area intervensi perizinan, manajemen aset daerah, optimalisasi pajak daerah dan manajemen ASN. (sar)

dibaca : 27



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top