ikut bergabung

LKPD Gowa Raih Reward WTP dari Menkeu 


Sulsel

LKPD Gowa Raih Reward WTP dari Menkeu 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali menerima reward atau penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Reward ini diterima Pemkab Gowa secara virtual diwakili Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa Abd Karim Dania di Peace Room A’Kio kantor Bupati Gowa, Selasa (22/9/2020) siang.

Virtual langsung dengan Menkeu RI Sri Mulyani ini diberikan atas pencapaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kategori lima kali berturut-turut.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Gowa Abd Karim Dania mengatakan, meskipun saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 namun Kabupaten Gowa tetap bisa menyajikan laporan keuangan yang dibutuhkan dan kembali meraih WTP yang ke-9 (sembilan) kali secara berturut-turut, sehingga bisa meraih penghargaan dari Kemenkeu ini.

“Karena pandemi semua kita lakukan secara daring dan hanya sesekali melakukan pertemuan, tapi kita tetap bisa menyajikan pelaporan dan pengelolaan keuangan, sehingga LKPD tahun 2019 yang dilakukan di tahun 2020 ini kita tetap bisa mempertahankan dalam kategori opini WTP dari BPK,” jelas Karim.

Ia berharap, capaian ini bisa dipertahankan agar tahun depan laporan keuangan Kabupaten Gowa bisa meraih WTP yang ke 10 kalinya dan menjadi daerah satu-satunya di Sulsel yang meraih penghargaan kategori 10 kali berturut-turut dari Kemenke.

Baca Juga :   Bupati Sidrap Hadiri Acara Pengarahan Ketua KPK RI

“Tahun depan kita akan berkomitmen tetap menyajikan laporan keuangan yang akuntabel untuk mendapatkan opini WTP ke-10 kalinya, dan menjadi satu-satunya di Provinsi Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu untuk kategori 10 kali berturut-turut adalah Gowa,” harapnya.

Sementara itu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan penghargaan ini bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan untuk kementerian/lembaga, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota karena telah menyelesaikan laporan keuangan secara akurat, akuntabel dan transparan sehingga berhasil meraih WTP tahun 2019, WTP lima kali berturut-berturut dan WTP 10 kali berturut-turut.

“Sebagai wujud apresiasi kita berikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan opini tahun 2019 dan yang telah meraih WTP lima kali berturut-turut serta WTP 10 kali berturut-turut,” kata Menkeu.

Sri Mulyani berharap, capaian tersebut bisa ditingkatkan yang diikuti dengan tata kelola dalam menjalankan fungsi pemerintahan, serta capaian WTP 10 kali berturut-turut bisa diikuti pemerintah daerah lainnya untuk laporan keuangan yang lebih baik lagi.

dibaca : 49

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top