ikut bergabung

LP2M UNM Bina Kelompok Pandai Besi di Soppeng


Berita

LP2M UNM Bina Kelompok Pandai Besi di Soppeng

SOPPENG, UJUNGJARI.COM — Dosen Universitas Negeri Makassar melakukan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Mereka melakukan pendampingan pada kelompok pandai Besi (mitra) di Tonronge, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.

Pembinaan dan pendampingan antara lain dilakukan dengan menata tempat kerja mereka di luar rumah dengan menggunakan atap seng dan dinding. Sebelumnya mereka memanfaatkan kolong rumah sebagai tempat kerja.

Baca Juga

Selain itu juga dibuatkan bak perendaman besi yang sudah ditempa serta bak penampungan arang serta dari pasangan batu merah dan pengadaan mesin blower untuk menempa besi.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini atau Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan oleh Dr. Samnur, ST, MT, dan Prof. Dr. Ir. H. Bakhrami Rauf, MT serta Dr. Marsus Suti, M.Kes. Meskipun dilaksanakan di tengah pademi covid-19, tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut ketua kelompok mitra kegiatan ini sangat membantu dalam proses pelaksanaan menempa setiap hari. Alasannya selain didampingi, tempat kerjanya juga ditata sehingga lebih nyaman dan cepat proses pekerjaan.

Mereka juga senang karena mendapat bantuan peralatan tempa yairu mesin blower sehingga kualitas serta kecepatan produksi sangat dirasakan perbedaannya.

“Dengan adanya kegiatan PKM ini sangat terbantu kelompok kami dalam meproduksi,” katanya.

Rektor UNM, Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP melalui ketua LP2M berharap pengabdian kepada masyarakat ini harus dilakukan penuh kreativitas dan Inovasi sehingga dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Baca Juga :   Opini: Refokusing dan Realokasi APBN untuk Belanja Pusat, Mungkinkah Juga untuk APBD?

“Jangan menjadikan alasan bahwa ada pandemi covid-19 sehingga tertunda pelaksanaan PKM,” katanya.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A.Rauf, MT dan juga sebagai dosen pengabdi bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan kerja sama dengan LP2M ini sangat bermanfaat bagi mitra pandai besi di Kabupaten Soppeng. (**)

dibaca : 37



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top