ikut bergabung

Sambut New Normal Pemkab Kumpul Kepala OPD


Sulsel

Sambut New Normal Pemkab Kumpul Kepala OPD

BARRU, UJUNGJARI.COM — Dalam rangka menyambut tatanan baru(New Normal). Sekab Barru mengumpulkan seluruh pimpinan OPD untuk mengukuti sosialisasi pengisian lembar kerja reformasi birokrasi dì  kantor Bupati Barru, Selasa (23/6/2020).

Kegiatan ini juga menghadirkan  para assesor dan admin OPD . Dasar kegiatan merujuk dari  Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, dalam rangka mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik .

Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Dr. Abustan ,dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk dapat mengukur sejauhmana implementasi Reformasi Birokrasi yang telah digelorakan satu dasawarsa terakhir.

“Tujuan kegiatan ini untuk lebih memantapkan self assessment terkait inplementasi reformasi birokrasi perangkat kerja daerah lingkup pemerintah Kabupaten Barru” Ujar Abustan.

Menurutnya, semua pihak harus melakukan upaya mengukur sendiri internal SKPD masing-masing khususnya agenda yang berkenaan dengan agenda reformasi agar dapat berjalan sesuai regulasi yang ada, termasuk mengukur sasaran kinerja reformasi birokrasi  yang akan dicapai lima tahun kedepan.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para perangkat atau aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Barru untuk bekerja lebih baik dan memahami sasaran kinerja dapat diarusutamakan menuju harapan nasional sesuai agenda reformasi birokrasi.

“Dengan Sosialisasi ini, pemahaman yang benar tentang tujuan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi( RB), strategi penilaian dan proses pengelolaan data dan informasi diharapkan dapat memperoleh informasi yang benar ttg pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan internal Pemerintah Kabupaten Barru, menggambarkan pelaksanaan dan pencapaian hal tersebut dan memonitor rencana aksi tindak lanjut hasil penilaian mandiri” urai Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Barru ini.

Baca Juga :   Tahun 1947, Merah Putih Telah Berkibar Di Tanah Papua

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Safaruddin Tajuddin, selaku Penyelenggara Kegiatan ini menyampaikan bahwa mekanisme penilaian sesuai dengan Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

“Aspek penilaian dilakukan dalam dua hal yaitu, Pengungkit dan Hasil dengan mengumpulkan bukti yang relevan yang kemudian dilakukan penilaian dan sebagai dasar untuk membuat rencana aksi perbaikan” urainya disela kegiatan yang akan berakhir hingga Jumat nanti dengan menghadirkan Assesor dan Admin untuk mengisi beberapa format dan pembuktian kinerja masing-masing OPD,” ucap Safaruddin.

dibaca : 41

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top