ikut bergabung

Ini Inovasi Polsek Tombolopao di Tengah Pandemi Covid-19


Bhabinkamtibmas Tombolopao mengedukasi warga sekitar tentang cara membuat penangkaran mini belut.(foto/humpoltombolopao)

Sulsel

Ini Inovasi Polsek Tombolopao di Tengah Pandemi Covid-19

GOWA, UJUNGJARI.COM —  Belut merupakan salah satu ikan tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan berprotein tinggi pula. Karenanya, Bhabinkamtibmas Polsek Tombolopao Polres Gowa Bripka Aswar Amiruddin pun membidik belut sebagai jenis ikan yang bagus untuk dibudidaya.

Bripka Aswar Amiruddin pun mulai beternak belut dengan kolam penangakaran mini. Budidaya belut ini menurut Bripka Aswar Amiruddin sebagai salah satu upaya mensiasati pemenuhan pangan secara mandiri di tengah masa pandemi covid-19.

Pasalnya, belut yang kaya akan nutrisi selama ini hanya bisa didapat dari sungai atau area persawahan warga dan menangkapnya pun sulit sebab bersembunyi di lubang-lubang tanah dalam air.

Baca Juga

Bripka Aswar Amiruddin pun pada Jumat (19/6/2020) lalu mulai mengedukasi warga tentang cara budidaya belut dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah warga.

Menurut Bripka Aswar Amiruddin, budidaya belut sangat lah mudah dan dapat diakukan dengan berbagai cara, diantaranya dapat menggunakan drum bekas atau membuat kolam sebagai media ternak yang diisi lumpur dan bisa pula tanpa lumpur.

” Jika medianya sudah siap maka kita memilih bibit yang terbaik, kemudian memasukkan ke dalam media dengan proses pemeliharaan tiga hingga empat bulan kemudian masuk masa panen,” terang Bripka Aswar Amiruddin.

Terkait edukasi budidaya belut yang dilakukan personilnya ini, Kapolsek Tomblopao Polres Gowa Iptu Jamarang mengatakan inovasi yang dilakukan personilnya selama ini memang telah menjadi pengembangan ide-ide lokal dalam mengembangkan potensi warga secara mandiri.

Baca Juga :   21 Pejabat Lolos Administrasi Seleksi Pejabat Tinggi Pratama

” Di jajaran kami, melalui para Bhabinkamtibmas terus digenjot inovasi-inovasi agar warga berubah mindset dan bisa mandiri dalam rangka pemenuhan ketahanan pangan secara mandiri apalagi di masa pandemi ini,” kata Iptu Jamarang.-

dibaca : 47



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top