ikut bergabung

Hindari Permasalahan Tanah, Masyarakat Diminta Upgrade Sertifikat Tanahnya


Dedi Rahmat Sukarya, S.ST

Berita

Hindari Permasalahan Tanah, Masyarakat Diminta Upgrade Sertifikat Tanahnya

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Untuk menghindari resiko dan permasalahan tanah di kota Makasaar, masyarakat diminta untuk segera melakukan pemetaan bidang tanah atau meng-upgrade sertifikat tanahnya.

Pemetaan tersebut untuk memudahkan dalam mengidentifikasi sertifikat atas bidang tanah yang dimiliki oleh masyarakat.

Untuk proses pemetaan, masyarakat cukup membawa sertifikat asli ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Makassar. Setelah dilakukan pemetaan, masyarakat kemudian bisa langsung mengecek sertifikatnya di aplikasi.

Baca Juga

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Infrastruktur BPN Kota Makassar, Dedi Rahmat Sukarya, S.ST kepada media ini, Senin (8/6/2020).

“Jadi untuk proses upgrade, cukup membawa sertifikat aslinya untuk pemetaan. Setelah itu, warga bisa mengecek di aplikasi via android/iphone,” jelas Dedi.

“Upgrade sertifikat ini salah satu upaya untuk menghindari permasalahan tanah. Seperti misalnya terjadi tumpang tindih sertifikat dalam sebidang tanah. Biasanya kan ada keluhan masyarakat, terdapat dua sampai tiga susun sertifikat diatasnya. Persoalan seperti itulah yang kita hindari. Tentu dengan berbasis aplikasi, masyarakat semakin mudah mengecek sertifikat tanahnya. Kapan dan dimana saja, bisa langsung dicek di aplikasi,” jelasnya.

Dedi menjelaskan bahwa saat ini pengecekan sertifikat bisa dilakukan via smartphone (android/iphone). Caranya, cukup menginstal aplikasi Google Map dan Google Foto pada smartphone anda.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat tidak repot lagi ke kantor BPN untuk melakukan pengecekan. Ini program kementerian, yang terus menerus kami sosialisasikan ke masyarakat,” pungkasnya. (drw)

Baca Juga :   PSM Tak Rencanakan Konvoi Juara di Kota Makassar

dibaca : 77



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top