ikut bergabung

LKPj Bupati Gowa 2019 Diserahkan Secara Virtual


Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dengan Ketua DPRD Gowa Rafiuddin Raping menyerahkan dokumen LKPj melalui virtual.(foto/humasgowa)

Sulsel

LKPj Bupati Gowa 2019 Diserahkan Secara Virtual

GOWA, UJUNGJARI.COM —Penyampaian dan penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Gowa tahun anggaran 2019 diserahkan secara virtual pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa.

Penyerahan melalui video conference, Rabu (27/5/2020) dilakukan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua DPRD Gowa Rafiuddin Raping.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan penyerahan LKPj secara virtual ini dilakukan karena melihat situasi saat ini masih dalam pandemi covid-19. Menurut Adnan hal ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri.

“ Dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 700/1723/otda tanggal 24 Maret 2020 perihal perpanjangan waktu penyerahan LKPj pada poin 6  berbunyi bahwa bupati dapat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD dengan memanfaatkan sarana teleconference dan/atau video conference,” kata Bupati Adnan.

Selain itu, LKPj ini kata Adnan merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 69 ayat 1, bahwa kepala daerah diwajibkan menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam Pasal 19 ayat 1 peraturan pemerintah Nomor 13 tahun 2019.

“ Laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah disampaikan kepada DPRD dilakukan satu kali dalam satu tahun, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelasnya.

Baca Juga :   Pleno DPRD Tetapkan MYL-SS Sebagai Bupati-Wabup Pangkep Terpilih

Selain itu, Bupati Adnan dalam laporannya mengungkapkan selama empat tahun pemerintahannya bersama Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni. Kabupaten Gowa mengalami trend positif. Hal ini sesuai hasil survei yang dilakukan oleh Jaringan Survei Indonesia (JSI). Hasil survei JSI menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan naik dari 83,3  persen di tahun 2018 menjadi 90,7 persen pada tahun 2019.

Adnan juga menyebutkan bahwa hasil-hasil pembangunan Kabupaten Gowa kian nyata memberikan kebanggaan untuk masyarakat Kabupaten Gowa. Sampai dengan saat ini Pemkab Gowa telah menerima 103 penghargaan, baik di tingkat nasional, regional maupun provinsi. 

” Berbagai penghargaan tersebut tentu menggambarkan adanya peningkatan kinerja pemerintahan yang semakin baik bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Gowa,” kata bupati.

Selama empat tahun ini, Bupati Adnan menyebutkan beberapa urusan pemerintahan yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Gowa yaitu, urusan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup, perhubungan, ketahanan pangan, koperasi dan UMKM, kebudayaan dan pariwisata, pemerintahan umum, bidang Keagamaan, bidang sosial, bidang keamanan dan ketertiban, bidang keuangan, kepemudaan, olahraga, komunikasi dan informasi, pelayanan publik, bidang organisasi dan tata laksana.

dibaca : 51

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top