ikut bergabung

TPID Gowa Pastikan Stok Pangan Aman Selama Ramadan, Pertamina Janji Lakukan Home Delivery Elpiji


Anggota TIPD saat melakukan high level pembahasan ketersediaan pangan selama Ramadan dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.(foto/humasgowa)

Sulsel

TPID Gowa Pastikan Stok Pangan Aman Selama Ramadan, Pertamina Janji Lakukan Home Delivery Elpiji

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa memastikan ketersediaan stok kebutuhan pangan memasuki jelang bulan suci Ramadan, yang dimulai Jumat (24/4/2020) ini, aman. Pernyataan itu dipertegas Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam rapat High Level TPID Gowa dalam rangka Ramadan di Peace Room Kantor Bupati, Rabu (22/4/2020).

” Stok dan ketersediaan pangan kita pastikan aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan selama situasi covid-19 ini,” ujar Adnan.

Agar ketersediaan bahan pangan tetap aman, orang nomor satu di Gowa ini minta agar seluruh distributor di Kabupaten Gowa berkomitmen untuk tidak melakukan penimbunan dan menaikkan harga.

” Forkopimda Kabupaten Gowa komitmen kalau ada yang melakukan penimbunan bahan pokok dan lainnya, pasti akan kita lakukan proses hukum sesuai dengan kewenangan, saya juga pasti akan lakukan sanksi yang berat,” tegas Adnan.

Lanjut Adnan, dari laporan Bulog Cabang Makassar kebutuhan beras selama Ramadan bahkan hingga enam bulan ke depan yaitu hingga Oktober dipastikan aman yang ada termasuk yang ada di gudang Dolog Sungguminasa dan Pallangga. 

Begitupun dengan terigu dipastikan aman hingga  lebaran. Saat ini stok terigu di Bulog  sebanyak 16.617 Kg dan gula pasir dalam waktu dekat ini akan dipasok sebanyak 1.000 ton.

” Saya yakin beras tidak ada masalah, cukup, boleh dikatogerikan sangat aman. Oleh karena itu, kita pertahankan saja Insyaa Allah sampai enam bulan ke dapan aman,” harap Adnan.

Baca Juga :   Lantik Ketua AMPI Torut, Ini Pesan Ketua AMPI Sulsel

Sementara itu, Sales Manager Area Sulsel PT Pertamina Adib Arselan mengatakan kebutuhan gas elpiji selama bulan Ramadan juga dipastikan aman. Pihak Pertamina juga siap mendukung program Pemkab Gowa bahkan jika dilakukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pihaknya sudah membuat program untuk pengantaran BBM ke rumah-rumah dalam program home delivery. Adib Arselan menyebutkan bahwa pelanggan banya menghubungi nomor yang telah disiapkan oleh Pertamina yaitu 135.

” Untuk SPBU dan agen elpiji juga stok aman. Kebetulan penyaluran dari tangki kami sangat mendukung dan dua Depo kami yang ada di Makassar aman,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) Kabupaten Gowa Andi Sura Suaib mengatakan pihaknya juga membuat kebijakan agar kebutuhan pokok selama Ramadan dan di tengah pandemi covid-19 ini tetap bisa terpenuhi.

Menurut Andi Sura, pihaknya hanya memprioritaskan pedagang yang menjual kebutuhan pokok untuk beraktivitas di pasar. Sementara untuk pedagang kebutuhan sekunder hanya akan diijinkan pada hari-hari pasar tidak ramai.

dibaca : 51

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top