ikut bergabung

Bila Harus PSBB, Polres Gowa Siapkan Sispamkota Kondisi Darurat


Suasana simulasi sistem pengamanan kota dalam kondisi darurat di Polres Gowa.

Sulsel

Bila Harus PSBB, Polres Gowa Siapkan Sispamkota Kondisi Darurat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Untuk memberikan pemahaman cara bertindak dalam menghadapi situasi darurat di masa pandemi covid-19, Polres Gowa menggelar simulasi sistem pengamanan kota dalam kondisi darurat (Sispam Kota).

Simulasi ini digelar di halaman mako Polres Gowa, Rabu (14/4/2020) siang dihadiri jajaran pejabat utama Polres Gowa serta para kapolsek se Gowa.

Dalam simulasi itu juga, dilakukan gladi Tactical Floor Game (TFG). Gladi TFG ini terkait Operasi Aman Nusa (OAN) II yang bertujuan untuk mengantisipasi kondisi kamtibmas dalam keadaan darurat dan jika Kabupaten Gowa diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola sesaat membuka simulasi dan gladi TFG ini mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada setiap pejabat yang akan memimpin para personil di lapangan untuk dapat menguasai SOP saat menghadapi kondisi tertentu di masa pandemi covid-19.

” Setiap perangkat bertanggung jawab dalam melakukan tindakan sesuai tugas dan tanggung jawabnya dan mensimulasikan pengamanan seperti kejadian nyata melalui sarana yang telah disiapkan,” kata kapolres dihadapan jajaran pejabat utama Polres Gowa serta pejabat jajaran Kodim 1409 Gowa yang hadir dalam simulasi itu.

Dijelaskan Boy, simulasi yang digelar menggunakan dua skenario dengan alur cerita terjadi aksi unjukrasa oleh buruh yang menuntut Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengambil kebijakan sesuai petunjuk Pemerintah Pusat guna meminimalisir dampak negatif terhadap ekonomi saat mewabahnya virus corona serta adanya aksi unjukrasa dan upaya penculikan Bupati Gowa karena hasil rapat kebijakan ekonomi dinilai tidak memuaskan bagi para buruh.

Baca Juga :   Wisuda Unhas Periode III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 Berlangsung Virtual

” Jadi simulasi ini menggambarkan kondisi terburuk kota. Karena itu diharapkan seluruh pejabat utama dan para kapolsek dapat memahami tugas saat dilakukannya Sispamkota demikian juga jika status di Kabupaten Gowa dinaikkan  menjadi PSBB di masa pandemi covid-19,” harap Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola.-

dibaca : 36



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top