ikut bergabung

Bantuan APD Mulai Berdatangan ke Posko Induk Satgas Covid-19 Unhas


Berita

Bantuan APD Mulai Berdatangan ke Posko Induk Satgas Covid-19 Unhas

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Sebagai upaya merespon kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD), Satgas Covid-19 Unhas menggalang pengumpulan donasi sejak Kamis (19/3). Dalam sehari, donasi yang mayoritas berasal dari sivitas akademika Unhas mencapai hampir Rp360 juta.

Tim Satgas Covid-19 Unhas kemudian berkoordinasi untuk memperoleh APD, yang saat ini sangat dibutuhkan tenaga medis dalam rangka penanganan pasien dalam perawatan (PDP) terkait Covid-19.

Hari ini, Sabtu (21/3), sejak pukul 19.00 Wita, Satgas Covid-19 Unhas berhasil memperoleh ratusan APD dan masker N95 yang sesuai standar penanganan pasien.

Baca Juga

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa APD telah benar-benar habis di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Berkat dukungan dan kolaborasi berbagai pihak, termasuk dukungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Selatan, tim Satgas Covid-19 Unhas dapat memesan langsung dari Jakarta.

“Saat ini kebutuhan APD meningkat di seluruh Indonesia. Kita bersyukur memiliki jaringan yang bersedia membantu. Maka, hari ini kita berhasil mengadakan APD untuk tahap pertama,” kata Suharman.

Untuk tahap pertama ini, Satgas Covid-19 Unhas berhasil mendatangkan 100 paket APD lengkap, 50 APD berupa jubah disposible dan masker N95 sebanyak 50 box.

Seluruh APD tersebut telah diserahkan ke Posko Induk Satgas Covid-19 Unhas yang berlokasi di Rumah Sakit PTN Unhas.

Bersamaan dengan bantuan ini, Posko Induk juga telah menerima 18 set APD lengkap dan 17 box masker operasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, serta 10 set APD lengkap dari PT. Nindya Karya.

Baca Juga :   Bangun Silaturahmi, Kapolda Sulsel Buka Puasa dengan Ratusan Wartawan

Rencananya, APD tersebut selain digunakan di RS Unhas, juga akan didistribusikan ke RS Wahidin Sudirohusodo, RS Rujukan lainnya, dan Ikatan Dokter Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk mendukung tenaga medis dan kesehatan menangani pasien terkait Covid-19, dapat memberikan donasi melalui rekening yang telah diumumkan. Selain itu, Rumah Sakit Pendidikan Unhas juga menerima langsung bantuan material, terutama dalam bentuk APD.  (**)

dibaca : 37



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top