ikut bergabung

Penyemprotan Desinfektan Sasar Lokasi Ijtima Asia di Pakkatto, Prioritas Camp WNA


Suasana penyemprotam desinfektan di camp jamaah WNA di lokasi Ijtima Asia di Pakkatto.

Berita

Penyemprotan Desinfektan Sasar Lokasi Ijtima Asia di Pakkatto, Prioritas Camp WNA

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tim Penyemprotan Desinfektan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa, akhirnya menyasar camp-camp hunian jamaah di lokasi Ijtima Asia di Pakkatto, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Rabu (18/3/2020) sekira pukul 11.30 Wita.

Penyemprotan desinfektan ini dilakukan Dinkes Gowa sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di kawasan pertemuan akbar para ulama dari seluruh pelosok negeri dan luar negeri.

Salah satu camp paling prioritas yang disemprotkan alkohol 70 persen itu adalah camp-camp jamaah asal luar negeri. Camp ini dihuni para WNA (warga negara asing) dari berbagai belahan asia seperti Thailand, India, Arab, Pakistan, dan lainnya.

Didampingi panitia lokal Ijtima Asia dr Kahar, Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin bersama personel penyemprot langsung memasuki camp jamaah WNA yang saat itu sementara istrahat usai melaksanakan salat dzuhur.

Terpal plastik, tiang, tikar hingga barang-barang bawaan para jamaah tidak terlepas dari semprotan cairan alkohol. Diantara jamaah asal WNA seperti Thailand banyak yang bertanya ‘why’ namun dijelaskan penyemprotan ini dilakukan untuk pencegahan covid-19 yang tengah mewabah secara dunia. Para jamaah WNA pun akhirnya paham dan mempersilahkan petugas penyemprot melakukan tugasnya.

Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin disela kegiatan penyemprotan kepada media yang menyertai mengatakan, tindakan ini menjadi salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Pemkab Gowa di seluruh lokasi perkantoran, masjid-masjid, rumah sakit, puskesmas hingga ke lokasi Ijtima Asia tersebut.

Baca Juga :   Ketemu Pelajar asal Sulawesi di Kairo, Syafruddin Pesan Pentingnya Membangun Networking

” Kita tidak tau sejauhmana penyebaran covid itu, namun kita hanya berupaya mencegahnya dengan melakukan penyemprotan alkohol ini, apalagi jamaah yang datang banyak yang berasal dari negara-negara terkontaminasi sepertu Malaysia, Thailand dan negara asia lainnya,” jelas dr Hasanuddin.

Ditambahkan dr Hasanuddin, pihaknya telah menghabiskan hingga 200 liter alkohol hingga tiga hari peneymprotan di berbagai tempat. Bahkan Kadis Kesehatan Gowa ini mengatakan penyemprotan diperkirakan minggu ini akan tuntas termasuk di kecamatan-kecamatan.

“Kami jadwalkan minggu ini penyemprotan disinfektan tuntas sampai kecamatan. Laporan yang kami terima Kecamatan Bajeng dan Bontonompo Selatan telah menyelesaikan penyemprotan di kantor camat, masjid dan puskesmas,” jelasnya.

Ia berharap para masyarakat, dan ASN untuk selalu membersihkan lingkungannya dan memonitor keadaan. Jika mengalami demam, batuk segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau menghubungi call centre Gowa Waspada Covid-19 pada nomor telepon 08114178001 dan 081343503895 atau 085242953112.

dibaca : 64

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top