ikut bergabung

Pemkab Gowa Akan Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Tempat Keramaian, RSWS Nyatakan Pasien Rujukan Gowa Negatif Covid


Adnan Purichta Ichsan.

Berita

Pemkab Gowa Akan Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Tempat Keramaian, RSWS Nyatakan Pasien Rujukan Gowa Negatif Covid

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menegaskan bahwa pasien yang sempat dirawat di RSUD Syekh Yusuf Kamis sore lalu bukanlah pasien yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tapi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pengertian status ini sangat berbeda. Jika pasien yang telah dirujuk ke RSU Wahidin itu hanya ODP dan bukan pasien positif covid.

” Masih suspect. Kenapa dikatakan suspect karena dia cuma flu dan demam. Gejala klinis ini nyaris sama dengan gejala orang yang covid. Nah kenapa dia (pasien) itu kita rujuk ke Wahidin? Agar pemeriksaan berkelanjutan dapat dijalaninya, apalagi kita ketahui bahwa pasien itu baru pulang dari Dubai. Jadi itu dikategorikan suspect saja atau gejala. Jadi kita sudah rujuk ke Wahidin untuk bisa dilàkukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui status dari pada pasien tersebut,” jelas Adnan, Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga

Diakui Adnan, pasien yang hanya transit menjalani pemeriksaan awal di RSUD Syekh Yusuf itu, memang mengalami deman tapi bukan positif virus korona. Hanya gejala klinisnya sama sehingga pasien tersebut butuh diperiksa lebih jauh agar status diagnosanya lebih jelas. 

Kendati begitu, Adnan tetap mengimbau masyarakat Gowa untuk selalu waspada. Tentunya dibarengi dengan menjaga kesehatan diri dengan pola hidup bersih. 

” Selalu lah mencuci tangan dengan sabun agar selalu bersih apalagi setiap kali pulang dari bepergian dan bertemu banyak orang. Untuk mencegah covid ini, kita akan lakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat keramaian dan kantor-kantor pemerintah. Bahkan sekarang kita lagi kumpulkan dinas terkait untuk bisa melakukan vaksin segera,” tambah bupati.

Baca Juga :   Andi Sudirman Apresiasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kanwil DJKN Sulseltrabar

Sementara itu Pusat Informasi Covid 19 Dinkes Gowa seperti disampaikan dr Gaffar yang juga adalah Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit menjelaskan terkait dengan pasien yang dirujuk kemarin pada Kamis (12/3/2020) pukul 20.00 Wita dari RSUD Syekh Yusuf ke rumah sakit rujukan RSU Wahidin Sudirohusodo yang ramai diberitakan, bahwa pasien lakilaki tersebut dalam status ODP (orang dalam pemantauan).

Dikatakan dr Gaffar, pada Sabtu (14/3/2020) pukul 10.30 Wita, pihak pusat informasi Covid Gowa setelah berkoordinasi dengan Tim Pusat Informasi  Bagian Infeksi RSU Wahidin Sidirohusodo dan  Dinkes Provinsi Sulsel dinyatakan bahwa pasien tersebut berada dalam kategori ODP (orang dalam pemantauan).

” Sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah,  belum masuk kategori PDP atau (pasien dalam pengawasan) bahkan belum  positif Covid 19. Yang bersangkutan dirawat karena ODP disertai penyakit penyerta yang ada sebelumnya sehingga harus dirawat lebih lanjut di RSU Wahidin Sudirohuodo,” papar dr Gaffar. 

dibaca : 68

Laman: 1 2 3



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top