ikut bergabung

Demi Hubungan Bilateral, Pemprov Sulsel Izinkan Coral Adventure Bersandar di Makassar


Berita

Demi Hubungan Bilateral, Pemprov Sulsel Izinkan Coral Adventure Bersandar di Makassar

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM –Keputusan Pemerintah Provinisi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menerima kapal pesiar dari Australia menuai komentar dari beberapa warga di Makassar.

Pasalnya, kapal Coral Adventure tersebut telah ditolak oleh dua daerah di Sulawesi Selatan, yakni di Palopo dan Bulukumba.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan bahwa diterimanya Warga Negara Asing (WNA) tersebut telah dipertimbangkan. Hubungan dengan Pemerintah Australia dan Sulsel harus dijaga dengan baik.

“Jadi harus kita jaga juga karena kita tidak berdiri sendiri. Hubungan bilateral dengan Australia harus dijaga,” ucap Nurdin Abdullah, Kamis (12/3).

Dijelaskan Nurdin bahwa, ia tidak akan melarang kapal Coral Adventure tersebut untuk berlabuh di Pelabuhan Makassar. Pasalnya sebelum menaikkan kru dan penumpang, proses pengecekan kesehatan telah dilakukan. Dalam hal ini orang-orang yang berada dalam kapal tersebut dikarantana selama dua hari sejak (11-12/3).

Pada Rabu lalu, posisi kapal berada di 2 mil laut dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Kemudian kapal diizinkan sandar pada Kamis (12/3) selama empat jam. Kapal pesiar MS.Coral Adventure 002 Darwin Australia, tersebut tiba pagi tadi sekitar pukul 08.30 Wita.

Dengan bagitu, kata NA mereka baik kru maupun penumpang dipastikan negatif atau bebas daro Covid-19.

“Penerimaannya sangat ketat. Mulai dari pengecekan kapal, manusianya dan semuanya sehat. Tidak mungkin kita mengambil resiko. Orang tidak ada masalah masa dilarang menurunkan penumpang,” tegasnya.

Baca Juga :   KASN Minta Kabupaten/Kota Ikuti Sistem Merit Provinsi Sulsel

Lanjut Nurdin, para penghuni kapal hanya bersandar selama empat jam, setelah itu mereka dikembalikan ke negara asalnya melalui penerbangan udara. Sebanyak 44 penumpang dan 34 kru kapal dinyatakan sehat.

Tidak ada yang diduga terjangkit virus Corona, seperti memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, mengalami sesak napas, hingga batuk-pilek.

Kepala Bidang Lalu Lintas Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar, Sirajuddin, mengatakan dari hasil pemeriksaan clearance antara Nakhoda Kapal dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Semua crew dan passenger dinyatakan negatif Covid-19.

“Hasil clearance antara Nakhoda Kapal dengan pihak KKP. semua crew dan passenger dinyatakan negatif COVID19 Kapal MS.Coral Adventure 002 Darwin Australia. Sesuai hasil keputusan Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) kantor OP Utama Makassar telah sandar pada pukul 08.30 pada terminal penumpang Anging Mammiri pelabuhan Makassar tadi. Siang atau sore di hari dan tanggal yang sama akan meninggalkan pelabuhan makassar menuju tujuan selanjutnya,” papar Sirajuddin.

dibaca : 38

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top