ikut bergabung

150 Atlet Silat ‘Bertarung’ di Komsos Kreatif Kodim 1409 Gowa


Salah satu penampilan peserta dalam turnamen pencak silat di Gowa.

Sulsel

150 Atlet Silat ‘Bertarung’ di Komsos Kreatif Kodim 1409 Gowa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 150 orang atlet pencak silat dari berbagai perguruan di Kabupaten Gowa, memeriahkan turnamen pencak silat yang digelar Kodim 1409 Gowa.

Turnamen ini dibuka Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis didampingi Dandim 1409 Gowa Letkol Arh Muh Syuaib, Kamis (13/3/2020) pagi.

Danfim 1409 Gowa Letkol Arh Muh Syuaib mengatakan, turnamen pencak silat ini digelar dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 1409 Gowa yang dipusatkan di lapangan Kodim 1409 Gowa, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga

Dalam kesempatan membuka turnamen silat ini, Sekkab Gowa Muchlis mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan ini menjadi momentum untuk membangkitkan dan memotivasi seluruh perguruan-perguruan dan padepokan pencak silat di wilayah Kabupaten Gowa.

” Kita berharap dengan adanya turnamen yang dilakukan Kodim 1409 ini, insha Allah ini akan menjadi motor yang memicu lokomotifnya upaya pembinaan prestasi bela diri pencak silat di Kabupaten Gowa untuk bisa selalu tampil terbaik di Sulawesi Selatan,” kata Muchlis.

Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib mengatakan pertandingan pencak silat ini sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak mudah diklaim oleh negara lain.

“Kita tahu bersama bahwa beberapa budaya kita sendiri juga sudah mulai diklaim atau diakui oleh negara-negara lain seperti Malaysia. Ada beberapa tari yang diklaim bisa juga nanti pencak silat diklaim. Untuk itu saya mulai dari sekarang pelan-pelan kita mencoba semua budaya-budaya kita mulai dari pencak silat sebelum klaim sama dengan tari,” ujarnya.

Baca Juga :   Penjabat Wali Kota Palopo Hadir Secara Virtual di Peringatan Hari Pangan Sedunia

Pertandingan pencak silat ini kata Letkol Arh Muh Syuaib melibatkan pesilat seluruh Kabupaten Gowa yang mewakili Koramil di setiap kecamatan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan kembali seni beladiri bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, Letkol Muh Syuaib mengatakan 150-an peserta ini juga dilakukan pihaknya untuk mencari atlet-atlet pencak silat. Oleh itu, ia berharap kegiatan tersebut tak hanya sekadar memperebutkan juara semata, tapi dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat yang nantinya akan membawa nama baik Kabupaten Gowa.

” Ternyata di Gowa ini yang namanya olahraga-olahraga yang memicu adrenalin, namanya beladiri, hampir selalu berjaya di pentas sampai nasional bahkan internasional. Gowa memang hebat. Melalui tanding olahraga ini mungkin nanti banyak yang punya bakat seperti itu kita lihat, kita amati dan kita bimbing serta kita bina supaya ke depan bisa membesarkan nama baik kabupaten Gowa Insha Allah,” harapnya.-

dibaca : 36



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top