ikut bergabung

Prosesi Penobatan Addatuang Sidenreng Petta Faisal Sapada Di Sakralkan


Sulsel

Prosesi Penobatan Addatuang Sidenreng Petta Faisal Sapada Di Sakralkan

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Andi Faisal Sapada resmi dilantik sebagai Addatuang Sidenreng ke XXV. Acara tersebut digelar di eks kantor Bupati lama Sidrap, Senin, (24/02/2020).

Sebelum penobatan, Andi Faisal terlebih dahulu digiring masuk ke lokasi dengan cara dilekke atau diangkat pakai walasoji dengan pengawalan ketat.

Dalam proses itu, turut didampingi 2 orang Pajjujung Panamppa, Bunyi Kanci 2, Lea-Lea 2, Beccing 2, dan Pisau Curiga 2 orang.

Setelah itu, Andi Faisal memasuki gerbang dan melewati berbagai prosesi adat istiadat yang sudah turun temurun dilakukan sebelum penobatan Addatuang Sidenreng.

Tradisi tersebut diantaranya dengan menginjak Paluttu, lalu menginjak tanah Menroja Batu, kemudian mattuppu Umpa Sikati, dan pengsucian.

Prosesi tersebut dikawal oleh bissu asal Pangkep Sulawesi Selatan. Setelah itu, Andi Faisal Sapada ditarik memakai lawolo naik ke kursi Addatuang Sidenreng ke XXV.

Penobatan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng ke XXV dilakukan oleh para puang matoa, pabbicara dan puang lolo.

Acara adat itu disaksikan langsung oleh raja-raja se-Nusantara, termasuk Ketua Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Raja-Raja Nusantara, Irjen Pol Etward. (Irwan)

Baca Juga :   Bupati Barru Saksikan Yudisium Santri Ponpes Modern Kurir Langit

dibaca : 47



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top