ikut bergabung

Uji Coba Alat Sistem ERI, Samsat Pettarani Tutup


Berita

Uji Coba Alat Sistem ERI, Samsat Pettarani Tutup

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Demi meningkatkan mutu pelayanan sistem, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PPKB) berbasis online di kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Pintu).

Kantor Samsat yang terletak di Jalan AP Pettarani, tidak beroperasi dan ditutup untuk sementara waktu. Pelayanan PPKB hanya dapat dilakukan, di kantor Samsat Jalan Andi Mappanyukki dan kantor Samsat Sudiang.

Dengan alasan ketersedian alokasi alat pembayaran pajak, yang terbatas. Korlantas (Koordinator Lalu Lintas) Polri, hanya mengalokasikan dua alat yang menggunakan sistem ERI (Elektronik Registrasi Indentifikasi).

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulsel, melalui Kepala Seksi STNK Samsat Makassar, Kompol Aryo, soal penutupan pelayanan kantor Samsat di Jalan AP Pettrani.

“Sejak senin pelayanan pajak kendaraan di kantor Samsat Pettarani ditutup sementara. Kalau semuanya sudah konek dan sudah bisa berfungsi, pasti kita akan buka kembali secepatnya,” tukas Kasi STNK, Kompol Aryo, Selasa (11/2).

Dikarenakan alokasi alat sistem ERI tersebut, dialokasikan dari Korlantas Polri hanya dua alat saja, yang diperuntukkan untuk pelayanan dua kantor Samsat di Makassar.

Sebab kata Aryo sistem penginputan data yang ada kantor Samsat Pettarani. Itu masih menggunakan cara manual.

Yakni untuk kantor Samsat di Jalan Andi Mappanyukki dan kantor Samsat di Sudiang.

“Kalau kantor Samsat yang di Pettarani itu. Hanya difungsikan sebagai kantor Samsat pembantu saja. Untuk melayani pembayaran pajak 1 tahun dan 5 tahun saja,” pungkas Aryo.

Baca Juga :   Kedapatan Bawa Sabu, Warga Ela-ela Ini Ditahan di Mapolres Bulukumba

Aryo menuturkan dari seluruh kantor Samsat yang ada di seluruh wilayah Sulsel. Hanya kantor Samsat di Makassar saja yang dapat alokasi dua alat ERI tersebut. Sedangkan untuk yang daerah lain di Sulsel, hanya mendapat alokasi alat ERI sebanyak 1 unit saja.

Dengan adanya sistem ERI yang berbasis online ini, nanti akan dapat dan mudah diakses dimana saja melalui jaringan internet.

Ia berharap dan berupaya juga, supaya alat sistem ERI tersebut dapat juga difungsikan di kantor Samsat Pettarani.

“Saya sedang berupaya untuk meminta ke bagian IT Korlantas. Agar alat sistem ERI ini, bisa juga dipasang di kantor Samsat Pettarani,” cetusnya.

Tujuannya kata Aryo agar mempermudah untuk mem-backup, dua kantor Samsat lainnya yang ada di Kota Makassar.  (mat)

dibaca : 40



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top