ikut bergabung

Tanam Vetiver, 2.700 Warga Tompobulu Akan Sasar Delapan Desa


Kapolsek Tompobulu Iptu Hasbullah disela mengikuti rakor persiapan penanaman vetiver di rujab Bupati Gowa.

Sulsel

Tanam Vetiver, 2.700 Warga Tompobulu Akan Sasar Delapan Desa

GOWA, UJUNGJARI.COM — 17 Pebruari 2020 mendatang, Pemkab Gowa akan melakukan penanaman vetiver atau akar wangi pada 11 kecamatan dataran tinggi dan rendah.

Sebanyak 180 ribu bibit rumput vetiver akan ditanam secara serentak. Tidak tanggung-tanggung kegiatan ini mengerahkan puluhan ribu warga di 11 kecamatan termasuk jajaran aparat Pemerintah Kabupatem Gowa, jajaran TNI-Polri, komunitas dan organisasi pemuda hingga pelajar.

Khusus di Kecamatan Tompobulu penanaman akan menyasar delapan wilayah masing-masing enam desa dan dua kelurahan yang berlahan kritis. Dua desa diantaranya yakni Desa Datara dan Garing termasuk daerah yang ekstrem sebab sasaran tanamnya ada pada kemiringan 30 hingga 35 derajat.

Kapolsek Tompobulu Iptu Hasbullah kepada ujungjari.com, Senin (10/2/2020) sore mengatakan, untuk kegiatan penanaman vetiver serentak di 17 Pebruari ini akan mengerahkan 2.700 warga berbagai lapisan. Ribuan warga yang akan dikerahkan ini akan menyebar pada enam desa dan dua kelurahan sasaran tanam.

” Luasan lahan yang akan ditanami vetiver yakni 26,33 hektar pada enam desa dan dua kelurahan,” jelas Iptu Hasbullah.

Jelang persiapan penanaman yang dilaksanakan Pemkab Gowa dalam rangka memperingati tahun keempat pemerintahan Adnan-Abd Rauf sebagai Bupati dan Wabup Gowa ini, pihak Polsek Tompobulu bersama Pemerintah Kecamatan Tompobulu dan pemerintah desa/kelurahan sasaran telah menyatakan kesiapannya tersebut.

” Untuk mensukseskan gerakan tanam vetiver secara serentak ini, saya imbau agar masyarakat Tompobulu bersatu padu  dan berpartisipasi aktif didalamnya. Kita tentu tidak mau daerah kita dilanda bencana longsor makanya mari kita lakukan penyelamatan sekarang jangan menunda-nunda apalagi sekarang musim penghujan intensitas hujan cukup tinggi dan lahan-lahan kritis tentu bisa berpotensi longsor,” jelas kapolsek. (sari)

Baca Juga :   Baru 3 Hari Operasi Zebra 2019, Satlantas Polres Sidrap Tindak Pelanggar Sebanyak Ini

dibaca : 36



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top