ikut bergabung

Diusulkan, Melawi The Riverland


Makassar

Diusulkan, Melawi The Riverland

 

MAKASSAR, UJUNGJARI–Masih ingat film Hollywood yang masuk Box Office film terlaris pada 2018, Jumanji? Dalam film bergenre petualangan itu populer dengan slogan “Welcom to The Jungle”. “Nah…kalau ada tamu atau wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke kabupaten Melawi Kalbar, kami usulkan sebaiknnya mereka disambut dengan tagline “Welome To The Riverland West Borneo,” ujar Berny Achmad Subki, Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) PDS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam diskusi ringan di kedai kopi seusai kegiatan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di kota Nanga Pinoh Melawi, Sabtu (8/2/2020). Dengan julukan atau slogan tersebut diharapkan potensi wisata sungai di Melawi ini bisa cepat dikenal dan mendunia.

Berdasarkan pengamatan Berny selama beberapa hari di Melawi dalam rangkaian acara Gemarikan KKP bersama Pemkab Melawi, ia menilai potensi alam daerah ini sangat banyak dan memiliki potensi wisata yang sangat layak ”jual” di pentas internasional, terutama sungainya. Menurutnya, sayang sekali jika potensi alam yang eksotis dan bagus itu tidak menjadi daya tarik wisata. Pada Jumat (7/2/2020) sore, Berny bersama rombongan KKP termasuk Dirjen PDS Agus Suherman sempat menyusuri sungai Melawi memenuhi ajakan Bupati Melawi, Panji dan anggota DPR RI, Yessi Meliana.

Ketika ditanya lebih lanjut, apa yang diusulkan Berny dan kawan-kawannya dari Jakarta itu cukup beralasan. Pasalnya, daerah ini merupakan salah satu kabupaten termuda di provinsi Kalbar ini memiliki sekitar sepuluh sungai. Diantaranya Melawi dengan panjang 471 km, sungai Pinoh 112 km, sungai Mentatai 65 km, sungai Keruap 45 km, sungai Ella Hulu 25 km, sungai Belimbing 75 km, sungai Ella Hilir 50 km, sungai Sayan 20 km, sungai Cina 15 km, dan sungai Sokan panjang 10 km.

Baca Juga :   Polres - Kejari Ingatkan Kades di Takalar Hati Hati Gunakan Dana Desa

Selama ini sungai-sungai tersebut menjadi menjadi aset penting Kabupaten Melawi karena transportasi darat belum sampai ke desa-desa di pedalaman arah timur, sehingga sarana angkutan air biasa dipakai oleh warga Kecamatan Menukungg dan Kecamatan Ella Hilir serta kecamatan serawai dan juga ambalau untuk menuju ibu kota Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi. (RM)

dibaca : 44



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top