ikut bergabung

Juli, Ribuan Petugas Sensus Penduduk Sasar Rumah Warga, Wabup Gowa: Bisa Daftar Mandiri Lewat Website 


Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni menerima perjanjian hibah antara BPS dengan Pemkab Gowa dari Kepala BPS Gowa Usman.

Sulsel

Juli, Ribuan Petugas Sensus Penduduk Sasar Rumah Warga, Wabup Gowa: Bisa Daftar Mandiri Lewat Website 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sensus Penduduk 2020 yang mulai dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu akan mulai dijalankan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Salah satu daerah yang segera melaksanakan itu adalah Pemerintah Kabupaten Gowa.

Pemkab Gowa akan mengupdate kembali data kependudukan di wilayah Kabupaten Gowa yang terdiri dari 18 kecamatan.

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni usai menghadiri pencanangan Sensus Penduduk 2020 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik di Sandeq Balroom Hotel Claro Makassar, Kamis (6/2/2020) mengatakan, sensus penduduk sangat penting dilakukan untuk menghasilkan satu data kependudukan yang valid dan akan dijadikan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

“Kami selaku pemerintah daerah akan selalu mengawal sensus penduduk ini bersama BPS Gowa. Kami juga imbau masyarakat untuk melakukan pengisian data secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id untuk mengupdate data penduduk yang ada di Disdukcapil agar lebih sempurna karena sensus ini dilakukan per 10 tahun sekali. Jadi bisa daftar mandiri secara online,” kata Rauf Wabup didampingi Asisten Pemerintahan Pemkab Gowa Muhammad Rusdi.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Gowa Usman mengatakan sensus penduduk kali ini cukup berbeda karena dilakukan dengan dua tahap yakni secara online dan wawancara dengan mendatangi rumah warga. 

” Sensus secara online dilakukan mulai 15 Februari – 31 Maret 2020 yang dilakukan secara mandiri dengan mengakses website sensus.go.id oleh anggota keluarga, dan wawancara dilakukan apabila masih ada masyarakat yang belum mengisi secara online dengan mendatangi rumah warga yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan dimulai 1-31 Juli 2020 mendatang,” kata Usman.

Baca Juga :   Ratona TV Palopo Raih Anugerah KPID Award Kategori Talkshow Terbaik

Untuk tahap wawancara kata Usman,  pihaknya menargetkan akan menyiapkan 1.050 petugas dengan dilakukan perekrutan nantinya. 

“Jadi website yang disiapkan semuanya sudah tersingkron dengan data Dukcapil, jadi jika ada masyarakat yang belum mengisi secara online itu akan kelihatan. Inilah tugas petugas yang nanti mendatangi warga untuk melakukan wawancara langsung di tahap kedua tersebut,” jelasnya.

Olehnya dirinya berharap, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam meningkatkan persentase keikutsertaan Kabupaten Gowa. Apalagi saat ini jumlah penduduk di Gowa mencapai 772.684 jiwa, jadi semakin banyak masyarakat yang mengisi secara online maka semakin sedikit yang akan dilakukan wawancara. 

dibaca : 53

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top